alexametrics

Penelitian Buktikan 5 Manfaat Rutin Minum Air Jahe

31 Oktober 2019, 13:37:38 WIB

JawaPos.com – Secara umum jahe dikenal sebagai obat tradisional dan detoksifikasi bagi tubuh. Berbagai kegunaan jahe di antaranya bisa meredakan sakit perut, gangguan pencernaan, dan rasa mual. Dan hal itu bukan sekadar mitos, tetapi memang terbukti secara klinis dalam penelitian.

Dilansir dari Bicycling, Kamis (31/10) Ahli Kesehatan Kelly Jones dan Lori Nedescu menjelaskan keyakinan masyarakat awam bahwa minum air jahe dicampur dengan lemon adalah cara yang efektif untuk mengurangi mual dan detoksifikasi tubuh. Tapi, ada beberapa khasiat lainnya dari jahe dan lemon yang bisa didapatkan oleh tubuh.

“Selama ini tidak ada penelitian yang menentang khasiat jahe. Cobalah menambahkan hingga 4 gram jahe mentah sehari sebagai dosis maksimum yang aman. 2 gram adalah dosis yang lebih umum direkomendasikan untuk mengurangi mual,” kata para peneliti.

Cara membuatnya cobalah membuat air jahe dengan 1 sendok teh jahe bubuk ke dalam air hangat atau 1 ruas jahe. Namun ingat, hindari meminumnya dengan perut kosong.

1. Cegah Sakit Perut

Menambahkan jahe ke dalam air dapat meredakan atau mencegah masalah perut. Senyawa kimia yang ditemukan dalam jahe akan membantu proses pencernaan. Bukti itu juga diungkap dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytochemistry. Jahe bisa meredakan tekanan lambung.

2. Meredakan Mual

Jahe juga dikaitkan dengan memiliki potensi sifat anti-inflamasi, mengurangi kecemasan, dan mengendalikan gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1.500 mg bubuk jahe setiap hari dalam dosis kecil bermanfaat untuk mengurangi mual. Maka konsumsi jahe bisa menjadi pilihan yang baik bagi pasien kanker yang menjalani perawatan kemoterapi.

3. Tambah Energi

Lelah setelah olahraga akan pulih kembali ketika minum air jahe. Sehingga air jahe bisa mengisi kembali karbohidrat sambil mengurangi mual.

4. Anti Nyeri

Jahe juga memiliki efek anti-inflamasi, yang dapat bermanfaat bagi semua atlet, terutama yang menderita nyeri sendi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arthritis & Rheumatology, para atlet sebagai responden dengan nyeri lutut diberikan ekstrak jahe dua kali sehari. Mereka yang mengonsumsi suplemen jahe melaporkan pengurangan nyeri sebanyak 13 persen. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 gram jahe mentah setiap hari terbukti 25 persen lebih sedikit merasakan nyeri.

5. Turunkan Kolesterol

Penelitian lainnya yang diterbitkan dalam Saudi Medical Journal menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi 3 gram jahe per hari mengalami penurunan kadar trigliserida dan LDL, kolesterol jahat, yang dapat meningkatkan risiko stroke.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads