alexametrics

Wiku: Pemerintah Sudah Transparan, Masyarakat Diminta Tak Jalan-jalan

29 Desember 2021, 12:27:36 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengumumkan total kasus Omicron di Indonesia sebanyak 47 kasus. Sebanyak 46 merupakan kasus impor dan 1 kasus transmisi lokal.

Dengan penularan kasus Omicron ini, masyarakat diminta untuk tidak melakukan perjalanan atau bepergian saat akhir tahun. Mayoritas kasus Omicron merupakan WNI pelaku perjalanan internasional dengan sebagian besar tanpa gejala atau bergejala ringan. Tracing kontak erat hingga saat ini masih berjalan.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, adanya temuan kasus di Indonesia seharusnya menjadi peringatan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan. Transparansi data yang disampaikan oleh pemerintah terkait jumlah penularan Omicron, lanjutnya, hendaknya disikapi sebagai peringatan.

“Agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk alasan yang tidak mendesak,” tegas Prof Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19, Selasa (28/12) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kasus Omicron secara global, saat ini telah terdeteksi di 115 negara dengan total melebihi 184 ribu kasus. Inggris menempati urutan pertama dengan jumlah tertinggi di dunia.

Peningkatan konstan juga terlihat di Amerika Serikat, Jerman dan Prancis. Jumlah kasus Omicron di negara-negara tersebut kini lebih tinggi dibandingkan dengan Norwegia dan Afrika Selatan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani, ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads