alexametrics

Hampir 5 Ribu Orang Kena Cacar Monyet, Waspada Gejala dan Penularannya

29 Juni 2022, 11:33:59 WIB

JawaPos.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan penyakit cacar monyet yang saat ini meluas di dunia, belum menjadi situasi darurat kesehatan masyarakat dan belum menetapkannya sebagai pandemi. Data terbaru, sebanyak 4.700 orang di lebih dari puluhan negara di dunia terkena penyakit ini dan 1 orang meninggal di Nigeria. Singapura juga sudah melaporkan kasus ini. Individu diminta mewaspadai gejala dan cara penularannya.

Ahli Spesialis Penyakit Dalam, Penyakit Infeksi, dan Epidemiolog untuk Kesehatan Publik, dr. Céline Gounder menjelaskan virus cacar monyet saat ini tak hanya dilaporkan menulari pria, tetapi juga perempuan. Pada 27 Juni, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa telah melaporkan 10 kasus perempuan terinfeksi cacar monyet.

Apa itu cacar monyet?

Menuru dr. Gounder, penyakit ini umumnya merupakan penyakit ringan. Tapi, dapat menjadi serius atau bahkan mematikan bagi orang-orang yang sistem kekebalannya terganggu. Siapa saja?

“Bisa menjadi serius pada ibu hamil, janin atau bayi baru lahir, ibu yang sedang menyusui, anak kecil, dan orang-orang dengan penyakit kulit yang parah seperti eksim,” katanya seperti dilansir dsri CBS News, Rabu (29/6).

Penularannya

Monkeypox atau cacar monyet adalah infeksi virus, sepupu dekat cacar. Virus ini menyebabkan penyakit yang jauh lebih ringan dari versi cacar sebelumnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: