JawaPos Radar

PAUD Jadi Pondasi Bangun Etika dan Moral Anak

28/11/2016, 16:59 WIB | Editor: Ilham Safutra
PAUD Jadi Pondasi Bangun Etika dan Moral Anak
Ilustrasi (dok.Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dalam dunia pendidikan. PAUD mengajarkan anak untuk belajar etika, agama, dan nilai-nilai sosial sejak dari usia dini.

Anak yang mendapatkan proses belajar di PAUD sebelum menapaki usia sekolah formal akan memiliki karakter yang berbeda.

“Saya titik beratkan dari PAUD anak belajar tak semata-mata teori tetapi etika dan moral,” tegas Ketua Forum Keluarga Harmonis Elly Farida.

Bunda PAUD Kota Depok ini membangun komunikasi bersama para ibu untuk menyosialisasikan pentingnya pendidikan bagi anak.

Dia juga menggandeng ahli gizi untuk memberikan pemahaman bagi para ibu untuk memberikan asupan nutrisi yang baik bagi anak.

“Sarapan itu penting. Sarapan dapat membuat anak berpikir cepat sebelum melakukan aktivitas. Kami kolaborasi dengan dokter gizi,” jelasnya.

PAUD merupakan pendidikan non formal yang disediakan oleh pemerintah. Anak disarankan mengikuti PAUD sebelum anak mendapatkan hak wajib belajar 12 tahun.

“Kami juga ada bina keluarga balita. PAUD sampai level TK, dasar awal anak-anak mendapatkan nilai-nilai pendidikan,” jelasnya.

PAUD juga dapat membangun sisi psikologis anak sehingga dapat beradaptasi saat masuk sekolah. Anak diajari bersosialisasi dengan guru dan teman-teman.

“Tidak hanya belajar dari televisi dan gadget di rumah. Lebih enjoy dengan bergaul di lingkungan belajar,” kata Elly.

Elly mendorong PAUD lebih meningkatkan pendidikan moral dan mental untuk memberikan perisai bagi anak dari kejahatan seksual. Berbagai ancaman predator seksual mengintai anak-anak kapan saja dan dimana saja. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up