alexametrics

Cegah Penyakit dengan Rutin Minum Rebusan Ketumbar, Jahe, dan Kunyit

28 Juli 2019, 10:13:34 WIB

JawaPos.com – Perubahan musim yang tak menentu membuat seseorang rentan jatuh sakit. Berbagai penyakit rentan datang. Dimulai dari demam, mata merah, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

Untuk itu, tubuh memerlukan perlindungan untuk melawan dan mencegah berbagai ancaman infeksi. Salah satunya dengan konsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari bahan-bahan herbal.

Infeksi demam dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Anak-anak, hingga orang dewasa juga rentan. Untuk memastikan tidak terkena demam virus cobalah rutin mengonsumsi rebusan ketumbar, kunyit, dan jahe. Obat rumahan yang efektif dan mudah disiapkan di rumah seperti dilansir dari Latestly, Minggu (28/7).

Semua bahan dalam teh ini bersifat antimikroba yang kuat. Biji ketumbar dipenuhi dengan sifat antimikroba, yang membantu sistem kekebalan tubuh dalam mencegah infeksi. Rebusan ini memiliki berbagai fitonutrien dan senyawa antibiotik, yang dapat membantu tubuh menghilangkan demam lebih cepat.

Kunyit mengandung curcumin, antimikroba dengan kualitas antivirus yang terbukti. Bahan aktif ini ampuh melawan berbagai virus. Jahe segar dapat merangsang sel-sel lendir untuk mengeluarkan interferon atau protein yang melawan virus. Kombinasi bahan-bahan yang kuat ini dapat memberi perlindungan dari virus.

Dalam laman NDTV, mengutip buku ‘Healing Spices’ oleh Pakar Kesehatan Dr. Bharat B Aggarwal, ketumbar adalah obat yang sangat baik untuk mengatasi masalah kembung, mual dan gas. Dijelaskan pula tentang penyembuhan pada sistem pencernaan oleh ketumbar. Ketumbar bermanfaat dalam menghilangkan gejala mulas dan kram perut. Selain sumber serat yang kaya, ketumbar juga membantu meringankan sembelit.

Cara Membuat Rebusan Jahe, Ketumbar, dan Kunyit

Sama seperti menyeduh teh biasa. Tetapi karena tidak mengandung kafein, maka Anda dapat meminumnya beberapa kali dalam sehari.

Ambil lima gelas air dalam panci dan letakkan di atas api kecil. Tambahkan satu ruas kunyit dan dua sendok teh biji ketumbar dan nyalakan api. Kupas dan memarkan jahe lalu tambahkan ke dalam minuman. Saat air mulai mendidih, boleh tambahkan daun tulsi segar dan matikan api. Tunggu selama 5 menit, tuang ke dalam cangkir dan minumlah.

Bisa juga menambahkan madu atau lada untuk penambah rasa serta untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Untuk anak-anak sebaiknya disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads