alexametrics

Menular Lewat Droplet dan Cairan, ini 5 Kategori Terkena Cacar Monyet

28 Mei 2022, 06:59:37 WIB

JawaPos.com – Penyakit cacar monyet (monkeypox) memiliki gejala dan tanda yang jelas berupa bintil berisi air dan lesi atau luka lepuh. Setiap pasien yang tertular diberikan label atau definisi masing-masing berdasarkan definisi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan kasus monkeypox di Indonesia. Berdasarkan laporan WHO per tanggal 21 Mei 2022, laporan adanya kasus monkeypox baru muncul di beberapa negara non endemis antara lain Australia, Belgia, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Sebagian besar kasus dilaporkan dari pasien yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara endemis dan sebagian kasus berhubungan dengan adanya keikutsertaan pada pertemuan besar yang dapat meningkatkan risiko kontak baik melalui lesi, cairan tubuh, droplet, dan benda yang terkontaminasi,” katanya dalam keterangan resmi Kemenkes, Jumat (27/5).

Beberapa kategori pasien cacar monyet yang telah ditetapkan Kemenkes antara lain suspek, probable, konfirmasi, discarded, dan kontak erat. Apa saja maksudnya?

1. Pasien Suspek

Ia merupakan orang dengan ruam akut (papula, vesikel dan/atau pustula) yang tidak bisa dijelaskan pada negara non endemis. Orang dalam kategori suspek memiliki satu atau lebih gejala seperti sakit kepala, demam akut di atas 38,5 derajat Celsius, Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri otot/Myalgia, sakit punggung, dan asthenia (kelemahan tubuh).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads