alexametrics src="https://cdn.geozo.com/mfel17291/ilv/0mp/30y8qh678vuq687/pky52d4.go">

Berikut Faktor yang Tingkatkan Risiko Penyakit Batu Ginjal

27 Februari 2019, 21:28:44 WIB

JawaPos.com – Tanaman kumis kucing dan biji beling ternyata manjur mengeluarkan batu ginjal. Caranya dengan sering mengonsumsi air rebusan kumis kucing dan biji beling. Sebab keduanya membuat produksi urine menjadi banyak sehingga batu ginjal bisa larut dan keluar lewat air seni.

“Tanaman kumis kucing dan biji beling memang bisa dipakai untuk melarutkan batu ginjal, dengan syarat ukurannya di bawah 5 milimeter. Warga biasanya mengonsumsi rebusan dua tanaman tersebut saat merasa sakit pinggang,” kata Pakar Urologi Siloam Hospitals Kebon Jeruk Dokter Charles Martamba Hutasoit, Rabu (27/2).

Charles menerangkan, guna mendeteksi batu ginjal bisa dilakukan lewat pemeriksaan USG. Tanda-tanda orang menderita batu ginjal antara lain sakit anyang-anyang, nyeri berkemih, serta pinggang sakit. Batu ginjal dengan ukuran 3 milimeter itu sudag menimbulkan rasa sakit pinggang.

Menurut Charles, sejumlah faktor yang meningkatkan risiko batu ginjal antara lain kurangnya asupan cairan, tinggal dan bekerja keras di daerah panas, asupan kalsium yang berlebihan, asupan garam yang banyak, kurang olahrga, mengalami obesitas.

Selain itu biasanya orang tersebut juga memiliki riwayat batu ginjal sebelumnya, serta punya asam urat tinggi. Untuk mencegah terjadinya batu ginjal harus sering-sering minum air putih untuk mengurai berbagai zat di dalam ginjal.

Ginjal, terang Charles, merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring cairan dan membuang zat-zat sisa dalam darah dalam bentuk urine melalui saluran kemih. “Zat sisa berlebih seperti kalsium dan asam urat dalam urine dapat menjadi endapan kristal dan mengeras sehingga membentuk batu ginjal. Makanya harus sering minum air putih.”

Bila batu ginjal sudah di atas 5 milimeter, Charles menyarankan dilakukan tindakan medis. Di antaranya lewat extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Ini merupakan tindakan medis tanpa pembedahan untuk menghancurkan batu ginjal.

Hal ini dilakukan dengan memakai gelombang suara kejut. Lalu batu ginjal dihancurkan menjadi butiran kecil yang dapat keluar melalui saluran kencing.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Saksikan video menarik berikut ini:


Berikut Faktor yang Tingkatkan Risiko Penyakit Batu Ginjal