alexametrics

Catat Resep Jus Daun Pepaya Untuk Obati 3 Penyakit

26 Juni 2019, 09:00:51 WIB

JawaPos.com – Berbagai tumbuhan atau tanaman di sekitar kita ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya daun pepaya yang biasa digunakan untuk sayur. Daun pepaya dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Disarankan untuk mengonsumsinya dalam bentuk jus agar lebih efektif. Jus daun pepaya  mengandung vitamin A, B, C, dan E dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Daunnya memiliki phytochemical yang tinggi seperti saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid, terutama β-karoten, yang bekerja bersama untuk membersihkan dan meningkatkan peredaran darah.

Sehingga, dilansir dari NDTV, Rabu (26/6), jus pepaya bisa digunakan untuk membantu mengatasi berbagai penyakit. Cara membuat jus daun pepaya pun cukup mudah.

Cukup ambil 5-10 lembar daun pepaya segar dan lembut. Cuci di bawah air mengalir. Selanjutnya, masukkan ke dalam juicer dan haluskan. Saring campuran menggunakan kain tipis atau saringan. Isi jus segar dalam botol kaca dan dinginkan untuk digunakan atau diminum.

 

(Shutterstock)

Obat DBD

Jus daun pepaya segar mengandung senyawa penting seperti papain dan carocain yang diklaim bisa meningkatkan jumlah trombosit dan mengurangi infeksi selama demam berdarah. Disarankan untuk meminumnya dengan dosis 25 ml jus daun pepaya dalam air dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

Namun, menurut Ahli Endoskopi Gastrointenstinal yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB hal itu belum ada pembuktian secara medis.

“Tapi, daun pepaya atau jambu biji sama seperti buah dan sayur-sayuran sebagai sumber vitamin, mineral dan juga sebagian mengandung antioksidan,” ungkapnya. Sehingga, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Obat Malaria

Sebuah studi pada tikus tahun 2011 menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat secara efektif mengobati malaria. Daun pepaya memiliki sifat plasmodiastatic yang secara tidak langsung mengendalikan demam malaria. Sebab bisa memperlambat laju pertumbuhan Plasmodium dalam tubuh.

Obat Sakit Kuning dan Kolesterol

Jus daun pepaya membersihkan darah dengan menurunkan kadar kolesterol. Tingkat kolesterol yang lebih rendah semakin meminimalkan peroksidasi lipid. Hati juga dilindungi dari segala macam penyakit inflamasi yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti sirosis dan penyakit kuning.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani