alexametrics

Efek Samping Vaksin Covid-19 pada Anak Terbukti Lebih Rendah

26 Januari 2022, 11:20:12 WIB

JawaPos.com – Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping setelah vaksinasi dapat menimbulkan reaksi beragam. Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) menegaskan efek samping pada anak cenderung lebih ringan daripada orang dewasa.

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Prof Hindra Irawan Satari menyebutkan bahwa KIPI dari pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 cenderung lebih rendah dibandingkan pada orang dewasa. Dari segi umur, KIPI pada usia muda lebih rendah dari yang usia produktif dan lansia.

“Jadi tidak benar bahwa KIPI pada anak lebih tinggi,” kata Prof Hindra seperti keterangan Kementerian Kesehatan, Rabu (26/1).

Berdasarkan data Komnas KIPI, persentase KIPI serius berdasarkan kelompok usia yakni pada usia 31-45 tahun jumlah laporan KIPI sebanyak 122 kasus. Kemudian pada usia 18-30 tahun 97 kasus, dan usia di atas 59 tahun 77 kasus.

Sementara itu, pada usia 46-59 tahun 68 kasus, usia 12-17 tahun terdapat 19 kasus, dan untuk usia 6-11 tahun dilaporkan ada 1 kasus KIPI serius. Dengan tingkat KIPI serius yang jauh lebih rendah, membuktikan bahwa pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun aman.

Mengantisipasi terjadinya KIPI, Komnas KIPI juga telah menetapkan contact center yang bisa dihubungi jika ada keluhan dari penerima vaksinasi. Dari fasyankes melaporkan ke Puskesmas, lalu dari Puskesmas maupun RS akan melaporkan ke Dinkes Kab/Kota atau bisa melalui keamananvaksin.kemkes.go.id.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads