alexametrics

Kemenkes: Kasus Cacar Monyet Belum Ada di Indonesia

25 Mei 2022, 17:49:54 WIB

JawaPos.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan total kasus cacar monyet sudah lebih dari 100 orang di dunia terutama di Eropa dan AS. Di Indonesia, Kementerian Kesehatan menegaskan belum menemukan kasus ini.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan belum ada laporan kasus cacar monyet (monkeypox) di Indonesia.  Kemenkes tetap melakukan sejumlah kewaspadaan untuk mencegah terjadinya penularan di Indonesia.

“Hingga saat ini belum ada kasus (cacar monyet) yang dilaporkan dari Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi Kemenkes, Rabu (25/5).

Ia menambahkan Kementerian Kesehatan tetap melakukan kewaspadaan dengan memperbarui situasi dan frekuensi question (FAQ) terkait monkeypox yang dapat diunduh melalui https://infeksiemerging.kemkes.go.id/.

Kemenkes juga menyiapkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan di setiap wilayah melalui dinas kesehatan, kantor kesehatan pelabuhan, dan rumah sakit.

“Revisi pedoman pencegahan dan pengendalian cacar monyet pun dilakukan untuk menyesuaikan situasi dan informasi baru dari WHO, khususnya mengenai surveilans, tatalaksana klinis, komunikasi risiko, dan pengelolaan laboratorium,” jelasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads