alexametrics

Pasien Covid-19 dengan Gula Darah Tinggi Bisa Merusak Ginjal

25 Mei 2021, 12:53:49 WIB

JawaPos.com – Gula darah yang tinggi berdampak pada keparahan Covid-19. Sekalipun mereka terlepas dari apakah seseorang menderita diabetes atau tidak. Dan kerusakan organ seperti ginjal juga bisa terjadi.

Sebuah tim yang berbasis di New York mengatakan ini adalah studi pertama yang melihat bagaimana hiperglikemia berdampak pada hasil kesehatan Covid-19 di antara orang kulit hitam. Temuan mereka menunjukkan bahwa orang yang dirawat di rumah sakit dengan virus Korona dengan kadar gula darah tinggi lebih mungkin dirawat di unit perawatan intensif atau membutuhkan mesin pernapasan.

“Selain itu, orang-orang tersebut juga lebih mungkin mengalami masalah ginjal atau meninggal,” kata peneliti seperti dilansir dari diabetes.co.uk, Selasa (25/5).

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Paling Sederhana Agar Gula Darah Tetap Terkontrol

“Pasien Covid-19 yang datang ke rumah sakit dengan hiperglikemia memerlukan pengamatan lebih detail, karena mereka cenderung memerlukan terapi yang lebih agresif,” kata seorang dokter residen penyakit dalam di State University of New York (SUNY) Downstate Medical Center Samara Skwiersky.

Studi ini melibatkan lebih dari 708 orang, 89 persen di antaranya berkulit hitam dan setengah dari mereka memiliki riwayat diabetes tipe 1 atau tipe 2. Para peneliti mempelajari kadar glukosa darah mereka saat masuk ke rumah sakit.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: