alexametrics

Masak dengan Kaldu Jamur Lebih Sedap dan Sehat, Ini Kata Chef

24 November 2021, 12:50:14 WIB

JawaPos.com – Untuk menambahkan rasa umami atau sedap pada masakan cukup dengan menambahkan kaldu. Jika ingin lebih sehat, bisa menggunakan bahan yang alami seperti dari protein hewani dan nabati. Jamur ternyata bisa dibuat menjadi kaldu.

Dalam webinar kuliner bersama Unilever Food Solutions, Knorr Professional, dan Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, masyarakat diajak untuk mulai menghadirkan menu sehat, termasuk plant-based foods atau dari sayuran yang kian digemari. Pandemi membuat tren healthy lifestyle semakin hits.

“Masyarakat lebih memilih makanan yang lebih sehat dan bernutrisi. Para chef dan pebisnis kuliner untuk terus berkembang, memanfaatkan tren, dan memuaskan konsumen yang makin menggemari pola makan sehat,” kata
Managing Director Unilever Food Solutions Joy Tarigan, secara virtual, Selasa (23/11).

Chef Norman Ismail yang juga merupakan seorang pelaku gaya hidup sehat mengakui kaldu merupakan salah satu bumbu dasar kunci untuk menguatkan cita rasa suatu hidangan. Menurutnya, jamur menghasilkan rasa umami alami.

“Memang jamur telah umum digunakan sebagai kaldu, namun seringkali ketika sudah bercampur cenderung mendominasi rasa masakan,” kata Chef Norman.

“Penambahan mirepoix atau kaldu sayur yang sering digunakan di dapur professional, dapat menyeimbangkan dan memantapkan nikmatnya berbagai hidangan sehat para chef,” lanjutnya.

Chef Norman juga mengingatkan agar para chef lebih berani mengeksplorasi berbagai teknik masak serta kreatif dalam mencari alternatif bahan-bahan yang lebih sehat. Menurutnya, dengan pengolahan yang tepat, makanan sehat bisa seenak lainnya.

“Kaldu jamur termasuk plant-based foods atau dari sayuran, sehingga masakan lebih sehat,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads