alexametrics

Hindari Diabetes, Ahli Gizi Ungkap Batasan Konsumsi Gula dalam Makanan

24 November 2021, 16:16:42 WIB

JawaPos.com – Berapa banyak gula yang Anda konsumsi tiap hari? Sebab gula banyak tersembunyi di makanan dan minuman. Sebut saja donat, dua sendok gula dalam kopi, yogurt rasa, dan soda.

Dan ternyata batasan orang dewasa boleh mengonsumsi gula dalam sehari yakni hanya 50 gram. Meskipun kelihatannya tidak berbahaya, mengonsumsi gula secara berlebihan dalam makanan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes, menurut Centers for Disease Control and Prevention.

Dilansir dari CNet, Rabu (24/11) ahli diet terdaftar Amy Shapiro menguraikan persis seperti apa asupan gula cerdas dan bagaimana menjaga kadar gula sepanjang hari. Berapa sih takaran gula yang tepat?

“Secara umum kami ingin menjaga gula tambahan kurang dari 10 persen dari total kalori,” katanya.

Rekomendasi untuk pria tidak lebih dari 9 sendok teh gula atau 150 kalori gula tambahan. Dan untuk perempuan dan anak-anak 6 sendok teh gula atau 100 kalori gula tambahan setiap hari.

Ketika berbicara tentang gula, kata dia, penting untuk memperjelas jenis gula. Sebab ada perbedaan nyata antara gula yang ditambahkan ke makanan dan gula yang ditemukan secara alami dalam makanan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads