alexametrics

Lawan 10 Penyakit Ini dengan Yoga Rutin

24 Juni 2019, 15:31:21 WIB

JawaPos.com – Yoga merupakan salah satu olahraga yang semakin digemari kaum urban. Olahraga ini menawarkan sejumlah besar manfaat fisik dan mental yang mengesankan seperti mengurangi gejala depresi, meningkatkan kesehatan jantung, membangun kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

Selain membuat rileks, yoga dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit. Dalam rangka Hari Yoga Internasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juni, sejumlah ahli menuturkan hal yang sama seputar manfaat yoga. Dilansir dari India.com, Senin (24/6) ahli kecantikan Shahnaz Husain menjelaskan yoga adalah olahraga yang tepat untuk melepaskan kejenuhan.

“Saya memiliki jadwal sibuk dan kadang-kadang bekerja berjam-jam. Saya telah menemukan yoga olahraga ideal untuk menghilangkan kelelahan. Itu membuat saya merasa segar. Yoga juga menenangkan pikiran dan menghadirkan relaksasi total. Yoga telah membantu saya untuk menghindari sakit punggung,” katanya.

Disebutkan oleh Boldsky, berbagai kondisi kesehatan atau penyakit seperti asma, hipertensi, diabetes, kecemasan dan depresi, nyeri sendi dan otot, sakit punggung, kanker dan sebagainya dapat diobati dengan beberapa jenis yoga. Namun, perlu diingat bahwa berlatih yoga saja tidak akan membantu dalam menyembuhkan penyakit. Tetapi yoga harus menjadi bagian dari proses perawatan. Ada berbagai jenis olahraga yoga di antaranya Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, Ashtanga Yoga, Iyengar Yoga, Hot Yoga, Prenatal Yoga, Kundalini Yoga, dan lainnya.

Berikut adalah jenis-jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan berbagai jenis yoga:

Kanker
Yoga Asana yang disebut Hatha Yoga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Mempraktikkan Hatha Yoga sebagai bagian dari proses pengobatan kanker juga telah menunjukkan perbaikan dalam biomarker seperti TNF-alpha, IL-1beta, dan Interleukin 6.

Nyeri Punggung
Nyeri punggung bawah disebabkan karena banyak faktor seperti cedera, postur yang buruk, gerakan berulang, atau penuaan. Hatha yoga adalah salah satu latihan yoga yang efektif dalam pengelolaan nyeri pinggang kronis. Bentuk Yoga Hatha biasanya menggabungkan unsur-unsur posisi posisi tubuh, konsentrasi, pernapasan, dan meditasi.

Aterosklerosis Koroner
Pasien dengan penyakit arteri koroner harus melakukan latihan pernapasan dalam dengan teknik Pranayama karena bisa menurunkan kadar kolesterol serum (kolesterol total, kadar trigliserida, dan kolesterol LDL) dan mengurangi berat badan.

Asma
Pranayama adalah latihan pernapasan dalam yang dapat membantu mengatasi dan mencegah serangan asma. Selama Pranayama, udara yang dihirup mendorong alveoli paru-paru yang tertutup atau tidak berfungsi. Cara ini mengisi kapiler paru-paru dengan lebih banyak oksigen dan mengatur laju pernapasan.

Diabetes
Surya Namaskar adalah Asana Yoga 12 langkah yang melibatkan peregangan dan pernapasan, yang sangat efektif dalam mengendalikan dan mengelola diabetes. Sebab akan meningkatkan produksi insulin dari pankreas.

Masalah Jantung
Pose kobra efektif dalam mengobati masalah jantung, karena membantu meregangkan dan memperluas dada, sehingga memungkinkan lebih banyak aliran darah ke jantung dan menstimulasi. Latihan pernapasan lain yang disebut Kapalbhati sangat membantu dalam mengobati penyakit jantung, karena akan mempromosikan asupan lebih banyak udara ke paru-paru dan memungkinkan lebih banyak oksigen untuk menyebar ke dalam sirkulasi darah paru-paru.

Kecemasan dan Depresi
Yoga backbend adalah bentuk yoga lainnya, yang efektif dalam memerangi kecemasan dan depresi. Sehingga akan membantu menenangkan pikiran. Dalam serangan kecemasan, tubuh dan pikiran masuk ke mode panik yang membuat tubuh harus melawan hormon. Jadi, latihan pernapasan dalam yang sederhana dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

Hipertensi
Sarvangasana Yoga telah terbukti bermanfaat dalam mencegah dan mengobati hipertensi. Bentuk yoga ini dikombinasikan dengan relaksasi, psikoterapi, dan meditasi transendental memiliki efek anti-hipertensi.

Masalah Perut
Pose yoga sangat bermanfaat dalam menyembuhkan masalah pencernaan dengan membantu pergerakan usus yang baik. Yoga juga membantu meredakan sindrom iritasi usus dan masalah terkait lambung lainnya.

Nyeri Sendi dan Otot
Pose yoga efektif dalam mengobati nyeri tulang, sendi, dan otot dengan mengoreksi keselarasan punggung dan memperkuat otot punggung bawah. Surya Namaskar juga bermanfaat dalam mengobati nyeri sendi dan radang sendi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads