alexametrics

Penyakit Cacar Monyet Berpotensi Masuk Indonesia

12 Negara Laporkan 92 Kasus Penularan
24 Mei 2022, 19:05:26 WIB

JawaPos.com – Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa hingga 21 Mei 2022, total 92 kasus telah terkonfirmasi positif cacar monyet (monkeypox). Temuan tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan laboratorium hingga 21 Mei 2022.

Selain 92 kasus tersebut, 28 kasus kini masuk kategori suspek dan dalam penelitian lebih lanjut. Total kasus tersebut dilaporkan dari 12 negara anggota WHO. Belum ada kasus kematian yang dilaporkan hingga kemarin (23/5). Namun, jumlah kasus mungkin terus bertambah dalam beberapa hari ke depan. Karena itu, WHO mengimbau orang-orang dengan gejala suspek cacar monyet harus segera diselidiki.

Jika terkonfirmasi positif, penderita wajib diisolasi hingga bercak-bercaknya mengeras, terkelupas, dan telah membentuk lapisan kulit baru.

Menurut epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman, cacar monyet itu masih kecil kemungkinan akan tumbuh menjadi pandemi. ’’Namun, WHO memiliki daftar yang berisiko memicu public health crisis. Salah satunya, monkeypox ini,” jelasnya.

Mengenai potensi masuk ke Indonesia, Dicky mengatakan bahwa kemungkinannya cukup besar. Alasannya, masa inkubasi virus itu cukup lama, sekitar tiga minggu. Ada kemungkinan beberapa orang membawa virus tersebut tanpa disadari.

Apalagi, kata Dicky, Indonesia memiliki jalur-jalur penerbangan dari Eropa dan Afrika. Karena itu, penting sekali bagi pemerintah memperketat skrining. Terutama pada orang-orang dengan riwayat perjalanan ke negara-negara yang mengalami endemi cacar monyet tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tau/c7/oni

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads