alexametrics

Ahli Ungkap 3 Hipotesis yang Diduga Jadi Penyebab Hepatitis Misterius

24 Mei 2022, 22:05:01 WIB

JawaPos.com – Kasus hepatitis misterius pada anak di dunia sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Beberapa alasan, hipotesis, dan dugaan muncul dari para ahli. Sebagian juga mengaitkannya dengan pandemi Covid-19. Lalu apa kira-kira penyebab kasus yang sudah dilaporkan oleh lebih dari 20 negara ini?

Dalam podcast Deddy Corbuzier, Ahli Spesialis Anak dari RS Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM-FKUI) Prof Hanifah Oswari menjelaskan beberapa hipotesis yang muncul soal penyebab hepatitis misterius tersebut. Ia memulainya dengan pelaporan awal yang ditemukan di Alabama, AS, dan Inggris. Lalu kini Indonesia melaporkan ada 14 kasus, dan 4 di antaranya meninggal.

“Pertama kasus dilaporkan terjadi pada anak-anak di Oktober 2021 di Alabama, hepatitis akut berat. Inggris juga pada 5 April 2022. Sejumlah negara melaporkan kasus mirip, diikuti dari 3 negara di 8 April. Indonesia saat ini 14 kasus di mana 1 di antaranya berstatus probable yakni sesuai kriteria WHO kurang dari 16 tahun dan bukan hepatitis A, B, C, D, E,” tegasnya baru-baru ini.

“Jadi inilah justru yang jadi masalah, penyebabnya belum diketahui,” kata Hanifah.

Ia menegaskan penyakit ini memang hepatitis. Sesuai namanya, hepatitis adalah peradangan hati. Gejala dan kondisinya memang membuat peradangan hati, namun belum diketahui apa penyebabnya.

“Ini jadi masalah, keadaannya berat dan masalahnya belum diketahui penyebabnya,” katanya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads