alexametrics

Saat Rasakan 3 Gejala Memburuk, Pasien Covid-19 Harus Segera ke RS

24 Mei 2021, 11:16:07 WIB

JawaPos.com – Sebagian besar infeksi Covid-19 cenderung lebih ringan. Dan orang yang terinfeksi dapat pulih dengan baik setelah perawatan. Namun, untuk kasus lainnya, virus cenderung menyebabkan gejala yang parah, dan bahkan dapat memengaruhi fungsi organ.

Bagi kebanyakan orang, gejala Covid-19 dimulai dengan hal yang sama seperti batuk atau demam. Namun, ternyata tingkat keparahan kemungkinan besar terlihat pada hari ke-5.

“Keparahan terjadi karena badai sitokin, yang menyebabkan sistem kekebalan melepaskan tubuh otomatis mematikan yang menghidupkan sel-sel sehat. Untuk beberapa, tingkat keparahan dapat difaktorkan ke kecenderungan genetik atau komorbiditas mereka,” kata Ahli Kesehatan dr. Mathew Varghese dari Rumah Sakit St. Stephens di New Delhi seperti dilansir dari Times of India, Senin (24/5).

Baca Juga: Meski Kena Gejala Ringan Covid-19, Tetap Ada 60 Persen Risiko Kematian

Menurutnya hati-hati ketika pasien Covid-19 sudah kekurangan oksigen, sesak napas, komplikasi organ vital. Semuanya bisa menjadi tanda peringatan serius bahwa seseorang perlu dirawat di rumah sakit.

“Tingkat keparahan dan tanda peringatan Covid-19 yang parah dapat dikenali pada minggu awal permulaan infeksi,” katanya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads