alexametrics

Tiga Studi Buktikan Booster Pfizer dan Moderna Manjur Cegah Omicron

24 Januari 2022, 12:01:48 WIB

JawaPos.com – Vaksin booster buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna diklaim terbukti efektif dalam mencegah rawat inap terkait penularan varian Omicron. Hal itu memberi keyakinan kepada siapa saja yang saat ini tengah memilih vaksin booster apa yang cocok untuk mereka.

Menurut tiga studi terbaru oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, dosis booster tersebut 90 persen efektif untuk mencegah orang masuk rumah sakit jika mereka terinfeksi varian Omicron. Dosis tersebut juga 82 persen efektif untuk mencegah perawatan gawat darurat.

“Ini benar-benar menunjukkan pentingnya mendapatkan dosis booster,” kata Emma Accorsi dari CDC, salah satu penulis studi tersebut.

“Booster setidaknya diberikan lebih dari lima bulan setelah dosis pertama dan kedua,” tambahnya seperti dilansir dari Al Jazeera, Senin (24/1).

Penelitian tersebut merupakan studi besar pertama di AS yang melihat perlindungan vaksin terhadap Omicron.Penelitian sebelumnya termasuk penelitian di Jerman, Afrika Selatan, dan Inggris menunjukkan bahwa vaksin yang tersedia kurang efektif melawan Omicron daripada versi virus Korona.

Akan tetapi dengan adanya dosis booster akan meningkatkan antibodi penangkal virus untuk meningkatkan kemungkinan menghindari infeksi simtomatik.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads