Tips Wamenkes Hidup Sehat selama Transisi dari Pandemi ke Endemi

23 November 2022, 15:15:11 WIB

JawaPos.com – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengajak masyarakat untuk hidup lebih bersih dan sehat dengan belajar dari pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memperhatikan kebersihan sanitasi lingkugan hingga mengonsumsi makanan bersih dan sehat.

Pada Hari Kesehatan Nasional Tahun 2022 ini, Dante berharap momen ini dapat menjadi tanda pulihnya berbagai sektor kesehatan di masyarakat sehingga Indonesia sehat dan tangguh. Hari Kesehatan Nasional diimplementasikan dengan lingkungan sehat dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

“Semangat ini membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi,” kata Dante saat memberikan kata sambutan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan sebagai rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-58 kata Dante, Rabu (23/11).

Dante menambahkan, Kementerian Kesehatan saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan. Tiga pilar pertama yakni transformasi kesehatan tersebut adalah transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan rujukan, dan transformasi ketahanan kesehatan.

Selanjutnya transformasi SDM kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, serta transformasi teknologi kesehatan. “Program penyehatan lingkungan dalam rangka percepatan pencapaian indikator pembangunan bidang kesehatan dalam RPJMN dan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024,” ujar Dante.

Tips Hidup Bersih dan Sehat

Dante menambahkan, lingkungan sehat adalah salah satu bentuk upaya preventif dan promotif pengendalian penyakit berbasis lingkungan. Bersih dan sehat harus terjadi di semua lini seperti di tempat fasilitas umum bandar udara, pelabuhan, terminal, rumah sakit, dan restoran, kantin.

Sejumlah kabupaten kota yang memiliki kantin sehat dan juga stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan diganjar penghargaan. Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan dalam rangka HKN (Hari Kesehatan Nasional) Tahun 2022 meliputi: Provinsi dan kabupaten/kota yang berhasil dalam mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM): Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat (PBUS), Rumah Sakit yang Mewujudkan Lingkungan yang Sehat, dan Sentra Pangan Jajanan/Kantin yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi.

Berikut cara hidup bersih dan sehat menurut Kemenkes dimulai dari hal sederhana. Apa saja?

  1. Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan
  2. Pemberian ASI eksklusif
  3. Menimbang bayi dan balita secara berkala
  4. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih
  5. Menggunakan air bersih
  6. Menggunakan jamban sehat
  7. Memberantas jentik nyamuk
  8. Konsumsi buah dan sayur

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads