alexametrics

Permudah Keluarga, Telemedicine Bantu Strategi Pengendalian Covid-19

23 November 2021, 21:19:17 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 mengubah kehidupan, termasuk dalam mengakses kesehatan. Layanan kesehatan digital (telemedicine) secara daring menjadi andalan keluarga selama pandemi.

Dalam webinar bersama MILVIK Dokter, Presiden Direktur PT Milvik Indonesia Wisnu Dharmawan, mengatakan pelayanan kesehatan digital saat ini membantu seluruh keluarga di mana akses mobilitas lebih terbatas selama pandemi. Masyarakat bisa mendapatkan akses telekonsultasi 24/7 untuk dokter umum dan spesialis tanpa batasan frekuensi maupun durasi, penyediaan dan pengiriman obat serta pemeriksaan laboratorium gratis untuk sekeluarga maupun tunjangan rawat inap serta panggilan telepon dari dokter setelah konsultasi.

“Masalah kesehatan konsumen biasanya hanya berkonsultasi dengan dokter saat sedang sakit. Namun kini seluruh anggota keluarga dapat berbicara dengan dokter tanpa batasan frekuensi dan durasi dengan biaya tetap setiap bulannya. Pelanggan dapat dengan mudah mendapatkan saran dokter untuk meningkatkan kondisi kesehatan mereka sehingga mengurangi kemungkinan jatuh sakit,” katanya secara daring, Selasa (23/11).

“Maka penyedia akan menyediakan dan mengirimkan obat resep kepada pelanggan dan seluruh anggota keluarga,” jelasnya.

Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Republik Indonesia Kementerian Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir, Sp.THT-KL (K), Ph.D, MARS mengatakan sejak pandemi Covid-19, hampir seluruh layanan rumah sakit terbatas dan beralih menjadi telekonsultasi. Tentunya hal ini perlu disikapi dengan positif, karena teknologi memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi jarak jauh dengan dokter secara daring dalam proses penegakan diagnosis, maupun pertimbangan terhadap terapi.

“Kami berharap kedepannya, semakin banyak akses kesehatan yang lengkap dan mudah dijangkau oleh keluarga Indonesia di manapun mereka berada di tanah air,” kata Abdul Kadir.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani, ARM




Close Ads