alexametrics

Pasien Hepatitis Misterius Ada 14 Anak, 4 di Antaranya Meninggal

23 Mei 2022, 20:16:18 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kesehatan menegaskan secara resmi angka kasus hepatitis misterius secara nasional berjumlah 14 orang yang didominasi anak usia 5-9 tahun. Sebanyak 4 anak di antaranya meninggal dunia. Penyakit ini disebut juga sebagai hepatitis akut yang belum diketahui apa penyebabnya.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengatakan perjalanan penyakit ini begitu mendadak dan terjadi di lebih dari 20 negara di dunia. Dan rata-rata pasien yang mengalami penyakit ini mengalami perburukan yang cepat.

“Penyakit ini disebut sebagai akut karena memang kejadian ini mendadak dan perjalanan klinisnya sangat cepat, sehingga kita sebut sebagai akut,” kata Wamenkes Dante Saksono saat rapat bersama DPR RI, Senin (23/5).

Peluang atau angka harapan hidupnya, kata Dante, ditentukan pada kecepatan penanganan saat awal-awal dibawa ke dokter. Jangan sampai menunggu gejala sampai lanjut. “Mengenai yang akut ini bisa ditolong atau tidak, tentu tergantung pada stadium di mana proses akut itu terjadi.

Kami sudah memberikan panduan klinis dan panduan klinis itu bisa dipakai sehingga beberapa di antara mereka masih dalam perawatan, walaupun memang yang wafat sudah 4 orang, tetapi masih ada 10 orang yang dirawat dan mudah mudahan bisa tertangani dengan baik di masa mendatang,” jelasnya.

Penyebabnya, kata dia, masih memunculkan beberapa hipotesa. Pertama, sebanyak 74 kasus anak juga ditemukan adenovirus di dalam tubuhnya. Namun penyebab itu masih diteliti oleh para ahli. “Mudah mudahan dengan mendapatkan konfirmasi secara laboratorium dan klinis maka akan mendapatkan konfirmasi. Kami terus koordinasi dengan CDC di Amerika, di Inggris dan WHO,” kata Dante.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: