Mulailah Gaya Hidup Sehat dengan Pilih Kemasan Makanan yang Higienis

23 Mei 2022, 23:21:28 WIB

JawaPos.com – Tingginya aktivitas belanja online selama pandemi Covid-19 mendorong meningkatnya belanja makanan dan minuman secara daring serta offline. Salah satu yang paling dijaga dalam setiap transaksi pembelian makanan dan minuman adalah kemasan yang harus bersih. Apalagi pada era pandemi, menjaga kebersihan menjadi salah satu cara untuk memulai gaya hidup sehat agar bebas dari kuman dan virus.

Laporan Science Direct mengatakan mikrobiologi makanan dapat sangat dipengaruhi oleh kemasan di sekitarnya. Mikroorganisme yang ada pada bahan kemasan mungkin perlu dipertimbangkan bersama dengan mikroorganisme pada produk.

Perusahaan besar kini mulai memperhatikan produksi kemasan dan langkah-langkah untuk menjamin kebersihan serta faktor higienitas. Banyaknya barang yang harus dikirim pun menjadi biaya yang tidak sedikit.

Tidak hanya itu, pengemasan juga kerap kali menjadi rutinitas yang senantiasa membutuhkan improvement demi mendapatkan cara packing yang ideal.

Dalam diskusi bersama Metropack Indonesia, One-Stop Packaging System & Solutions, diungkapkan sejumlah kemasan di antaranya Carton Box, Impraboard, Paper Pallet, dan Offset Printing, beserta komponen pendukung dalam aktivitas pengemasan untuk lokal maupun ekspor. Director Metropack Indonesia David Zhang mengatakan, tak hanya soal kebersihan dan higienis, pengemasan yang tepat dapat meningkatkan nilai dari segi proses, produk branding, cost reduction, serta menggunakan kemasan yang tepat untuk meningkatkan nilai produk.

“Permintaan akan kemasan yang sangat bervariasi,” ujar David kepada wartawan, Senin (23/5).

Beragam bisnis mulai dari korporasi, UKM dan e-commerce kini mulai mengutamakan masalah packaging atau kemasan. Metode pengemasan, membantu proses dan konsep bisnis secara teknis yang lebih baik dan efisien.

“Desain kemasan dengan branding juga mampu meningkatkan nilai dari sebuah produk. Maka selain Protective Packaging, Smart Packaging, juga dapat mengetahui dari wilayah mana penjualan sebuah produk yang paling laku. Dengan Smart Packaging juga dapat mendeteksi dan meminimalisir agar produk kita dari barang tiruan,” katanya.

Manfaat Kemasan Higienis

European Paper Packaging Alliance juga sepakat soal keamanan pangan dan kebersihan makanan. Kemasan makanan tidak lebih dari sekadar menampung produk. Ini adalah solusi penting, menjaga makanan tetap aman dan segar, meningkatkan kualitas makanan, mengurangi limbah makanan, dan meningkatkan aksesibilitas.

1. Kurangi Kontaminasi Silang

Pentingnya pengemasan dalam mencegah dan mengurangi kontaminasi silang. Pengemasan makanan dapat meningkatkan keamanan makanan dengan mengurangi kontaminasi bakteri.
Risiko terhadap kesehatan manusia yang ditimbulkan oleh kontaminasi silang dalam rantai makanan sudah diketahui dan sudah lama ada.

2. Kurangi Risiko Penyakit

Kemasan yang higienis dan sekali pakai bertujuan untuk mengurangi penyakit menular. Kemasan makanan dan layanan makanan tetap sama pentingnya untuk mencegah penyakit bawaan makanan seperti biasanya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads