alexametrics

Sebelum Divaksinasi Covid-19, Lansia Harus Penuhi 3 Syarat dari Dokter

23 Februari 2021, 12:47:19 WIB

JawaPos.com – Lansia saat ini sudah mulai divaksinasi. Untuk mencapai kekebalan kawanan (herd immunity) maka kelompok prioritas atau yang perlu divaksinasi salah satunya lansia. Mereka paling rentan terinfeksi Covid-19 dan bisa parah jika sudah sampai terinfeksi. Meski begitu, tak semua lansia bisa divaksinasi, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Pemerintah telah menetapkan tujuh jenis vaksin melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/12758/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Namun dari tujuh vaksin Covid-19 tersebut, baru satu vaksin yang telah memperoleh persetujuan dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan POM, yaitu vaksin CoronaVac produksi Sinovac. Sesuai dengan data-data hasil uji klinik yang tersedia pada saat EUA diterbitkan, penggunaan vaksin CoronaVac diperbolehkan untuk kelompok usia dewasa dari 18 hingga 59 tahun. Mengacu dari angka kematian akibat Covid-19 pada umumnya terjadi pada kelompok usia lanjut (lansia), maka kelompok populasi ini turut menjadi prioritas untuk memperoleh hak akses vaksin yang sama.

“Dalam penerapan vaksinasi, perlu dilakukan beberapa tahap pemeriksaan dan kondisi riwayat penyakit bawaan,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Sherrvy Eva Wijayaningrum M. Biomed, Sp. PD., dari Siloam Hospitals Jember lewat Instagram Live, baru-baru ini.

Baca Juga: 2 Penyebab Utama Mengapa Usai Vaksinasi Tetap Bisa Positif Covid-19

Lalu dr. Sherrvy menjelaskan calon penerima vaksin Sinovac harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Apa saja?

Apakah dapat menaiki 10 anak tangga tanpa bantuan orang lain?
Apakah dapat berjalan sendiri tanpa bantuan apapun?
Apakah dalam kurun waktu setahun terjadi penurunan berat badan?

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads