alexametrics

Minim Risiko Bengkak, Gun Stapler Kian Diminati untuk Sunat Dewasa

Lebih Cepat dan Aman
23 Februari 2021, 14:03:17 WIB

JawaPos.com – Khitan atau sunat selain tuntunan dalam agama Islam juga memiliki dampak positif bagi aspek kesehatan. Seperti mencegah penularan Human Papillomavirus (HPV) dan infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Selain itu juga dapat mencegah penyakit kanker penis. Salah satu metode sunat yang saat ini banyak digunakan adalah gun stapler.

Dibandingkan dengan metode sunat konvensional, metode gun stapler relatif membutuhkan waktu yang singkat atau cepat. Sekitar 10-15 menit. Kemudian risiko terjadinya komplikasi seperti bengkak atau luka yang terbuka kembali setelah operasi lebih sedikit.

Dokter Husain dari Rumah Sunat dr Mahdian menjelaskan metode itu menggunakan stapler sebagai pengganti benang jahit di sekeliling ujung penis. Sunat dengan metode gun stapler untuk orang dewasa itu cukup mudah, cepat, dan aman.

“Metode sunat dewasa dengan gun stapler menggabungkan metode memotong sekaligus menjahit,” katanya Selasa (23/1).

Husain mengatakan keunggulan dari sunat metode gun stapler itu tetap bergantung pada praktisi penyunatnya. Untuk itu dia mengingatkan bahwa sunat pada pria dewasa harus dilakukan oleh dokter profesional.

Kemudian menggunakan alat-alat yang telah terstandar dan aman. Dia menuturkan tindakan sunat atau sirkumsisi pada pria dewasa butuh penanganan khusus karena tidak semudah pada anak-anak.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Hilmi Setiawan




Close Ads