alexametrics

Hidung Meler dan Mual Bisa Jadi Gejala Covid-19 Pada Anak

23 Februari 2021, 13:21:34 WIB

JawaPos.com – Beberapa gejala Covid-19 sering tak diketahui. Bukan hanya sesak, batuk dan demam, tetapi kini pilek, hidung meler, dan mual juga bisa menjadi gejala Covid-19. Jika sudah mengalami gejala itu, anak-anak disarankan harus tinggal di rumah dan menjalani tes Covid-19.

Mulai Senin (22/2), Ottawa Public Health (OPH) telah memperbarui kriteria tes harian yang harus dipenuhi oleh anak-anak dan remaja. OPH meminta orang tua untuk menjaga anak-anak mereka di rumah dan memeriksanya jika mereka memiliki salah satu gejala Covid-19.

“Harus ikut tes. Kontak rumah tangga juga harus mengisolasi di rumah sampai hasil tes diterima,” tegas pernyataan OPH itu seperti dilansir dari CBC, Selasa (23/2).

Menurut OPH, perubahan skrining itu bisa menjadi indikator bagi sekolah sebelum menerima pembelajaran tatap muka di sekolah. “Pendekatan yang lebih hati-hati telah diadopsi sebagai tanggapan terhadap varian baru virus Covid-19 yang telah diidentifikasi di Ontario,” lanjut pernyataan tersebut.

“Varian Covid-19 baru lebih mudah ditularkan, oleh karena itu tindakan pencegahan tambahan diperlukan untuk mencegah penyebaran di dalam komunitas,” tegasnya.

Kepala medis dan operasi untuk satuan tugas pengujian Covid-19 Ottawa, dr. Ken Farion, mengatakan anak-anak sering menunjukkan gejala ringan Covid-19. Mereka dapat menularkannya tanpa disadari.

OPH mengubah aturan bukan hanya anak-anak yang mengalami demam, batuk, atau sakit tenggorokan yang harus tinggal di rumah dan menjalani tes, tetapi anak-anak yang mengalami gejala seperti pilek, juga harus tinggal di rumah. Orang tua disarankan untuk segera mengajak anak untuk ikut tes Covid-19. Hasil harus dilaporkan dalam waktu 48 jam.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads