24 Gubernur Sepakat Kembangkan RSUD Jejaring Layanan Rujukan

23 Januari 2023, 11:52:01 WIB

JawaPos.com – Terkait penyakit jantung, pemerintah pusat tengah berupaya memperbanyak rumah sakit yang bisa melayani intervensi jantung. Upaya tersebut didukung pemerintah daerah dengan pengembangan RSUD jejaring.

Sepanjang 2022, dana bantuan pemerintah disalurkan kepada 150 RSUD dan 25 RSUP di 34 provinsi untuk pemenuhan alat kesehatan penyakit prioritas. ”Di akhir tahun ada dana Rp 3,55 triliun, kita gunakan untuk memenuhi alkes (alat kesehatan) di RS daerah,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril.

Pemerintah daerah pun, lanjut Syahril, memberikan dukungan. Ada 24 gubernur yang mengembangkan RSUD sebagai jejaring layanan rujukan. Ada berbagai layanan rujukan yang dibangun, yakni 24 provinsi melayani penyakit jantung, 13 provinsi melayani stroke, 12 provinsi melayani kanker, dan 7 lainnya melayani uronefrologi.

Pengobatan merupakan hilir dari penanganan penyakit. Perlu kebijakan untuk melakukan pencegahan sebelum terjadi sakit. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menuturkan, Kemenkes tengah menggodok aturan terkait pelabelan pada makanan siap saji.

Selama ini, pelabelan diberikan pada makanan dalam kemasan. ”Nanti diperluas dalam makanan saji. Sedang kita godok aturan permenkesnya untuk memberikan kewajiban menampilkan jumlah kalori, lemak, dan gula serta garam pada makanan siap saji,” ujarnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : lyn/c19/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads