alexametrics

Jangan Remehkan Omicron, Bisa Picu Kematian Terutama Jika Tak Vaksin

23 Januari 2022, 14:36:57 WIB

JawaPos.com – Covid-19 varian Omicron memang gejalanya lebih ringan daripada Delta. Akan tetapi tetap dapat memicu kematian bagi mereka yang memiliki komorbid, lansia, dan obesitas.

Dilansir dari CNN, Minggu (23/1), Ahli dan Direktur CDC tahun 2009 hingga 2017 dr. Tom Frieden dan juga Epidemiolog serta Ahli Penyakit Menular Amerika Serikat dr. Shama Cash-Goldwasser mengatakan, Omicron bahkan menyebabkan tsunami Covid-19 di Amerika Serikat. Mereka menegaskan Omicron sangat menular dan sekarang menyumbang hampir semua kasus Covid baru.

“Omicron menyebabkan penyakit yang jauh lebih ringan daripada Delta, terutama di antara orang-orang yang sepenuhnya divaksinasi dan dikuatkan,” kata mereka.

Akan tetapi berita tidak sebagus fakta. Peningkatan pesat dalam kasus menyebabkan peningkatan rawat inap dan kematian, terutama di antara merekq yang tidak divaksinasi, dan dapat terus meningkat selama beberapa minggu, bahkan setelah jumlah kasus mulai menurun. Lonjakan besar kasus sudah menekankan sistem kesehatan dan melewati kapasitas.

“Karena Omicron menyebabkan penyakit yang lebih ringan daripada Delta, beberapa orang tergoda untuk mengklaim bahwa itu tidak lebih buruk daripada influenza,” kata para ahli.

Para ahli memberi peringatan penting. Secara individu, untuk orang yang divaksinasi dan dikuatkan, Covid-19 yang disebabkan oleh Omicron dan flu menyebabkan gejala yang tidak lebih buruk daripada pilek atau flu, atau bahkan sama sekali tidak menunjukkan gejala. Sebagian besar akan pulih dalam beberapa hari, meskipun beberapa akan memerlukan rawat inap.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads