alexametrics

Deteksi Virus Korona, Bandara SMB II Palembang Pasang Thermal Scanner

23 Januari 2020, 15:05:43 WIB

JawaPos.com – Sebagai langkah antisipasi masuknya virus korona ke Palembang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II memasang alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner). Alat ini akan mengecek penumpang penerbangan internasional.

Petugas efidemilog Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang Merry Natalia mengatakan, alat tersebut telah dipasang sejak Selasa (7/1) di terminal kedatangan luar negeri Bandara SMB II Palembang. “Sejak kami pasang berdasarkan petunjuk dari Kementerian Kesehatan, belum ada satu pun penumpang yang terdeteksi bersuhu tubuh di atas 38 derajat celcius,” kata Merry dilansir dari Antara, Kamis (23/1).

Selain memasang pemindai suhu tubuh, KKP juga menyiapkan tim kesehatan apabila ada penumpang yang dicurigai terjangkit virus korona tersebut. “Jika deteksi alat berbunyi yang menandakan ada penumpang sedang demam, maka akan langsung dibawa ke ruang karantina. Nanti dokter yang akan memastikannya,” kata dia.

General Manager Bandara SMB II Fahroji menambahkan, ada tiga rute di SMB II yang cukup diwaspadai, lantaran merupakan penerbangan langsung dari-ke Palembang, yakni Malaysia, Singapura, dan Jeddah (Arab Saudi). “Tentunya sebagai pengelola bandara, kami akan maksimal untuk mencegahnya,” katanya soal langkah pencegahan masuknya virus korona.

Wabah virus korona yang bermula dari Wuhan, Tiongkok, telah direspons oleh seluruh kantor KKP di tanah air melalui pemasangan thermal scanner. Virus ini telah menjangkiti 440 orang, di mana sembilan orang di antaranya meninggal dunia di Tiongkok.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara


Close Ads