JawaPos Radar

Sulitnya Ajak Buah Hati Menggosok Gigi

22/11/2016, 01:56 WIB | Editor: Mochamad Nur
Sulitnya Ajak Buah Hati Menggosok Gigi
Ilustrasi (Dok JPNN)
Share this

JawaPos.com - Anak-anak paling menyukai makanan manis. Permen, cokelat, atau makanan mengandung gula lainnya membuat gigi mereka rusak. Kondisi ini membuat ibu khawatir, apalagi jika anak sulit disuruh sikat gigi sebelum tidur di malam hari.

Malas menggosok gigi pada anak akan menjadi kebiasaan buruk hingga dewasa. Para orang tua wajib membiasakan anak menyikat gigi sejak anak masih kecil. 

Menyikat gigi dilakukan minimal 2 kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur. Lebih banyak makan buah dan sayuran berserat seperti jeruk, jambu air, bengkuang, dan lainnya baik bagi kesehatan gigi.

Selain itu, ajak anak ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Apabila ada keluhan, segera kunjungi dokter. Dilansir bidang promosi kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, ada sejumlah cara memelihara kesehatan gigi dan mulut untuk bayi dan balita.

1. Sebelum tumbuh gigi, bersihkan mulut bayi dengan kapas setelah menyusu.

2. Setelah tumbuh gigi, sikat gigi bayi dengan sikat gigi yang lembut 1 kali sehari tanpa pasta gigi dengan posisi kepala bayi di pangkuan ibunya.

3. Setelah anak dapar berjalan, anak belajar menyikat gigi dibantu ibunya dari belakang dengan menggunakan pasta gigi, minimal 2 kali sehari sesudah sarapan dan sebelum tidur malam.

4. Hindari kebiasaan buruk pada anak seperti menggigit kuku, memgisap jempol, membuka tutup botol pakai gigi.

5. Sikat pula permukaan lidah kemudian kumur-kumur

6. Bersihkan sikat gigi dan simpan dengan posisi tegak.

7. Saat anak sudah bisa menggosok gigi sendiri, siapkan pasta gigi yang mengandung flour. Sebaiknya memiliki sikat gigi sendiri dan berbulu halus.

8. Kumur dahulu dengan air bersih sebelum menyikat gigi.

9. Kurangi makanan yang mengandung gula dan mudah melekat pada permukaan gigi. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up