alexametrics

Hindari Makan Junk Food Hanya dengan Mencium Aromanya

22 September 2019, 10:42:25 WIB

JawaPos.com – Seringkali kita pasti secara tak sengaja mencium aroma masakan yang lezat yang sedang dimasak. Entah itu aroma kue, makanan yang digoreng atau junk food. Ternyata, mencium aroma masakan bisa bikin memuaskan hasrat lapar Anda. Sehingga Anda cenderung tak ingin memakan junk food karena aromanya saja meskipun lezat. Kok bisa?

Dilansir dari NDTV, Minggu (22/9), menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal riset di Florida, Amerika Serikat, mencium makanan yang lezat bisa memuaskan hasrat karena otak merespon sumber kenikmatan.  “Aroma sekitar dapat menjadi alat yang ampuh untuk menahan keinginan makan,” kata Penulis Utama Profesor Dipayan Biswas, PhD, dari Universitas Sekolah Tinggi Bisnis Florida Selatan.

Sehingga di kala perut lapar, cukup mencium aroma makanan yang lezat saja sudah bisa memuaskan rasa lapar. “Faktanya, rangsangan sensorik yang halus seperti aroma bisa lebih efektif dalam memengaruhi pilihan makanan pada anak-anak dan orang dewasa,” tambah Biswas.

Para peneliti mengamati hubungan langsung antara lamanya waktu paparan aroma dengan apakah seseorang akan menuruti mengonsumsi makanan tersebut atau tidak. Untuk itu, peneliti melakukan serangkaian tes dengan menggunakan nebuliser secara terpisah yang melepaskan aroma makanan sehat dan tidak sehat (junk food).

Dalam penelitian menggunakan stroberi dan apel sebagai pilihan makanan sehat. Sedangkan pizza dan kue kering sebagai makanan kurang sehat. Sesuai dengan temuan penelitian ini, peserta yang terpapar dengan aroma pizza/kue kering selama lebih dari dua menit memilih stroberi bukannya kue kering/pizza.

Nah, buat Anda yang ingin menghindari makan junk food, tak ada salahnya sering-sering mencium aromanya saja untuk menghilangkan hasrat makan. Lalu beralihlan ke makanan yang lebih sehat. Buktikanlah!

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads