alexametrics

Masih Ada yang Anggap Covid-19 Hoaks, Dokter: Ajaib Banget Negara Kita

22 Februari 2021, 16:38:25 WIB

JawaPos.com – Sebuah survei dilakukan terkait pandemi Covid-19 di Indonesia dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia. Hasilnya, survei lembaga pimpinan Burhanuddin Muhtadi itu menyebutkan bahwa 30 persen atau sepertiga masyarakat belum atau kurang paham tentang Covid-19.

Menanggapi hasil survei ini, Dokter Spesialis Paru dari RS Persahabatan dr. Erlina Burhan dalam webinar yang sama, menilai hasil survei tersebut memperlihatkan masih banyak masyarakat yang tak memahami Covid-19. Apalagi masih ada yang menganggap Covid-19 hanya sebagai hoaks.

“Buat saya sih ada yang menyedihkan. Sudah 1 tahun kita mengalami pandemi ini dan kita sudah cukup menderita tapi masih ada nih temuan dari Indikator bahwa 30 persen masyarakat belum atau kurang tahu tentang Covid-19. Ini tinggi sekali ya,” tegasnya dalam webinar, Minggu (21/2).

Bahkan, lanjutnya, ada temuan 20 persen responden masih menganggap Covid-19 itu hoaks. Dan 36 persen responden masih menganggap Covid-19 ini berlebihan.

“Kalau dijumlahkan hoaks sama Covid-19 berlebih jadi 56 persen. Ini ajaib banget negara kita,” kata dr. Erlina.

Menurut dr. Erlina hal mengecewakan lainnya yakni masih ada yang tak bersedia divaksinasi namun percaya hoaks. Dia menilai faktor pendidikan bisa menjadi pendorong.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads