alexametrics

Jutaan Vaksin Oxford-AstraZeneca Penuhi Kebutuhan Vaksinasi Nasional

21 November 2021, 09:59:56 WIB

JawaPos.com – Vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca menjadi salah satu vaksin yang diizinkan di Indonesia. Sampai saat ini sudah 47 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca hasil kerja sama AstraZeneca dan Universitas Oxford masuk Indonesia melalui berbagai skema, termasuk skema kerja sama langsung dengan pemerintah, COVAX maupun donasi dari negara lain.

Seluruh dosis vaksin Oxford-AstraZeneca yang diedarkan di Indonesia memiliki dua nama dagang yaitu Vaxzevria dan KconecaVac (nama dagang yang dipakai pada vaksin produksi BioKangtai). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan dalam usaha memerangi dampak yang diakibatkan oleh varian Delta, kiriman vaksin Oxford-AstraZeneca telah memberikan kontribusi yang signifikan.

“Kami terus berusaha untuk meningkatkan jangkauan vaksinasi Covid-19 untuk menekan penyebaran virus, dan kami berterima kasih kepada mitra pemasok vaksin kami atas dukungannya dalam mencapai tujuan program vaksinasi nasional,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (21/11).

Pada bulan November 2021 ini, tambahan 8,4 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca akan dikirimkan ke Indonesia melalui skema kerja sama langsung dengan pemerintah. Itu termasuk kedatangan vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca sebanyak 4.059.290 dosis yang tiba baru-baru ini dari Tiongkok.

Pengiriman hari ini adalah pengiriman tahap pertama dari produsen vaksin Shenzhen Kangtai Biological Products (BioKangtai) di Tiongkok, yang merupakan sumber pasokan vaksin Oxford-AstraZeneca baru untuk Indonesia.

Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia, Sewhan Chon mengatakan, pihaknya akan terus memasok jutaan dosis vaksin ke Indonesia. Ia yakin bahwa vaksin Cov8d-19 Oxford-AstraZeneca yang diterima oleh Indonesia akan melebihi 50 juta dosis vaksin, baik melalui pasokan langsung dari AstraZeneca, COVAX maupun rantai pasokan tambahan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani




Close Ads