JawaPos Radar

Terdeteksi Dini, Peluang Kesembuhan Kanker Payudara Nyaris 100 Persen

21/10/2018, 09:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
kanker payudara, bulan kanker payudara, cara deteksi kanker payudara, cegha kanker payudara, pengobatan kanker payudara, kesembuhan kanker payudara,
Jika diobati sejak stadium awal, peluang sembuh pengidap kanker payudara bisa mencapai 90-100 persen. (Hindustan Times)
Share this

JawaPos.com - Kanker payudara menjadi penyakit kanker tertinggi yang diderita kaum hawa di seluruh dunia. Penyakit ini menjadi kanker pembunuh nomor satu bagi perempuan. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Sayangnya banyak pasien yang datang biasanya sudah dalam keadaan stadium lanjut.

Tingkat kesadaran yang kurang bagi masyarakat Indonesia berbanding terbalik dengan negara maju. Sebanyak 80 persen masyarakat negara maju datang memeriksakan diri saat stadium awal.

Disease Prevention Expert yang juga CEO dari In Harmony Vaccination, dr. Kristoforus Hendra Djaya SpPD, menegaskan untuk kanker payudara, penyebab utamanya belum diketahui. Karena itu, pencegahan sepenuhnya untuk kanker payudara juga sulit ditentukan.

Kristoforus menjelaskan, kanker payudara ini dapat dicegah dengan cara menjaga pola hidup sehat, pemeriksaan dini, SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Jika diobati sejak stadium awal, peluang sembuhnya bisa mencapai 90-100 persen.

“Sadar sejak dini, maka mumpung masih stadium awal, pasien bisa lebih cepat ditangani. Pengobatan juga lebih sederhana,” ungkapnya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012, menurut data di organisasi kesehatan dunia (WHO). Kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut

“Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker, misalnya usia dan riwayat kesehatan,” katanya.

Maka pola hidup sehat bisa mencegah kanker payudara dan segala jenis kanker. Perempuan tetap harus waspada terhadap kanker payudara sebagai kanker mematikan nomor 1 pada wanita. Setelah kanker payudara, kanker serviks menjadi kanker pembunuh nomor 2.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up