alexametrics

Serang Perempuan dan Pria, 5 Keadaan Ini Berisiko Kena Kanker Payudara

21 Oktober 2018, 15:00:17 WIB

JawaPos.com – Perempuan wajib mewaspadai area aset miliknya yaitu payudara. Sebab sel kanker payudara masih menjadi peringkat pertama angka kematian tertinggi kasus kanker pada wanita. Tak hanya perempuan, laki-laki juga bisa terkena kanker payudara.

Kaum hawa diminta sadar untuk memeriksakan payudara sejak dini. Tak hanya perempuan, namun pria juga perlu mewaspadainya.

Angka kasus pria terkena kanker payudara bisa saja terjadi, namun tergolong jarang atau langka. Rata-rata, pada pria kanker payudara diderita usia lansia. Periksa payudara penting secara berkala, termasuk bagi pria. Hal itu untuk mengetahui apakah ada benjolan minimal 2-3 bulan sekali.

Maka Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr Sonar Sonny Panigoro Sp.B.Onk. kepada JawaPos.com baru-baru ini menjelaskan siapa saja yang memiliki risiko lebih besar terhadapkanker payudara pada laki-laki dan perempuan. Apa saja?

Fakta 1

Pada perempuan, lebih berisiko terkena kanker payudara bagi mereka yang mengalami menstruasi di usia sangat muda. Misalnya di bawah 9-10 tahun. Sebab paparan hormon lebih panjang.

Fakta 2

Pada perempuan, lebih berisiko terkena kanker payudara pada mereka yang mengalami menopause lebih lambat.

Fakta 3

Pada perempuan, lebih berisiko terkena kanker payudara jika tak mempunyai keturunan meski sudah menikah. Ada faktor hormon yang berpengaruh.

Fakta 4

Dan pada perempuan, lebih berisiko terkena kanker payudara dengan paparan hormon jangka panjang seperti alat KB.

Fakta 5

Pada pria, bisa juga karena faktor hormonal. Lalu rokok, paparan radiasi, bisa menjadi salah satu faktor risiko tetapi tak selalu. Kanker payudara pada pria juga biasanya menyerang lansia.

“Namun ini semua bukan pasti sifatnya, bukan berarti tak punya anak pasti kanker. Enggak begitu juga. Karena lagi-lagi penyakit kanker belum diketahui pasti penyebabnya,” katanya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)



Close Ads
Serang Perempuan dan Pria, 5 Keadaan Ini Berisiko Kena Kanker Payudara