alexametrics

SADARI Kanker Payudara, Dokter: Rata-rata Pasien Sudah Stadium Lanjut

21 Oktober 2018, 07:52:06 WIB

JawaPos.com – Kanker payudara merupakan jenis kanker yang tertinggi prevalensinya pada perempuan di Indonesia. Kanker payudara memiliki peluang smebuh jika ditemukan lebih dini. Untuk itu, dalam momentum Bulan Kesadaran Kanker Payudara setiap Oktober, perempuan diminta untuk meningkatkan kesadaran dalam deteksi dini kanker payudara.

Kanker payudara biasanya menyerang perempuan berusia di atas 50 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bagi perempuan muda mengidap tumor atau kanker payudara. Bahkan, kaum lelaki tak jarang mengidap kanker payudara.

Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr. Sonar Sonny Panigoro Sp.B.Onk mengungkapkan kanker payudara lebih sering diketahui pada stadium lanjut (70 persen) sehingga angka kematiannya tinggi. Jika ditemukan pada tahap lebih dini dapat menurunkan angka kematian dan menghemat pembiayaan kesehatan yang sangat tinggi.

kanker payudara, bulan kanker payudara, cek kanker payudara,
Kanker payudara biasanya menyerang perempuan berusia di atas 50 tahun. (Medical News Today)

“Kesadaran wanita di tanah air untuk memeriksa payudaranya sejak dini masih rendah. Rata-rata, pasien yang datang baru menyadari saat tingkat perkembangan sel kanker sudah stadium lanjut. Di mana pun breast cancer, di Indonesia ini berbeda, sebanyak 75 persen pasien yang datang itu sudah stadium lanjut,” kata Sonar kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Angka itu terbalik dengan data di negara maju. Para pasien di negara maju justru sebanyak 80 persen datang ke dokter sejak masih gejala awal atau sejak dini.

“Sehingga pengobatan yang dilakukan pun lebih sederhana, dan peluang sembuhnya lebih tinggi yaitu bisa 90-100 persen,” kata Sonar.

Sonar menilai semestinya di era modern dan teknologi serbacanggih saat ini, sudah tak ada lagi wanita yang tidak melek informasi. Para wanita bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah.

Jika masih stadium awal, pasien kanker payudara bisa lebih cepat ditangani. Namun sayangnya, banyak pasien di Indonesia merasa takut untuk memulai sejak dini.

“Takut adalah hal normal, tetapi sayangnya banyak yang sudah ke mana-mana tidak percaya, malah ke pengobatan alternatif. Saat kembali lagi, malah justru dalam keadaan yang sudah memburuk. Kesadaran deteksi dini itu penting,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)

SADARI Kanker Payudara, Dokter: Rata-rata Pasien Sudah Stadium Lanjut