JawaPos Radar

Pria Juga Bisa Terserang Kanker Payudara, Kenali Penyebabnya

21/10/2018, 11:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
kanker payudara, bulan kanker payudara, cara deteksi kanker payudara,
Ilustrasi. Tak hanya perempuan, laki-laki juga penting deteksi kanker payudara. (The Daily Beast)
Share this

JawaPos.com - Siapa bilang kanker payudara hanya dialami perempuan? Laki-laki pun bisa terkena kanker payudara. Meski peluangnya jauh lebih langka, tetapi tak menutup kemungkinan laki-laki mengalaminya. Dalam momentum Bulan Kesadaran Kanker Payudara setiap Oktober, tak ada salahnya pria juga ikut melakukan deteksi dini.

Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk menjelaskan angka kasus pria terkena kanker payudara bisa saja terjadi, namun tergolong jarang atau langka. Perbandingannya 1:100. Meski begitu, sampai sekarang apa faktor penyebab kanker belum diketahui.

Menurutnya, pada pria risiko kanker payudara justru terserang di usia lanjut. Paling sering menyerang pria di usia 60-70 tahun.

kanker payudara, bulan kanker payudara, cara deteksi kanker payudara,
Pada pria risiko kanker payudara justru terserang di usia lanjut. (Woman's Day)

"Paling sering itu terkena kanker payudara memang laki-laki pada usia 60-70an. Ini bisa disebabkan karena faktor hormonal," tegas Sonar kepada JawaPos.com, baru-baru ini.

Menurutnya salah satu pemicunya bisa karena fase Andropause yang terjadi pada pria. Andropause adalah jenis menopause pada pria karena hormon testosteron berkurang akibat penuaan.

"Faktor hormon lainnya misalnya pada ada sebagian pria usia lanjut bagian dadanya memang menjadi lebih besar daripada usia muda. Artinya lebih bergelambir," ungkapnya.

Kanker payudara pada pria biasanya berupa kanker payudara reseptor positif. Sehingga pengobatan usai operasi biasanya dilakukan dengan pemberian hormon.

Cara mendeteksinya, kata Sonar, sama dengan perempuan. Yaitu dengan cara meraba bagian payudara untuk mendeteksi benjolan. Kemudian untuk stadium pun sama seperti kanker payudara pada perempuan.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up