JawaPos Radar

Penting Ladies, Pahami 4 Tingkat Stadium Sel Kanker Payudara

21/10/2018, 10:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
kanker payudara, bulan kanker payudara, stadium kanker payudara,
Ilustrasi. Kenali berbagai tipe stadium sel kanker dari nol hingga empat. (Awareness Days)
Share this

JawaPos.com - Kaum hawa di Indonesia ssringkali terlambat menyadari adanya sel kanker di payudaranya. Maka saat datang ke dokter, umumnya sudah mengalami kanker payudara stadium lanjut. Dalam momentum Bulan Kesadaran Kanker Payudara setiap Oktober, perempuan diminta untuk lebih berani melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri).

Kanker payudara didiagnosis melalui pemeriksaan jaringan payudara. Biopsi berperan penting dalam diagnosis kanker payudara. Stadium kanker payudara harus dipastikan sebelum diagnosis selesai dan pengobatan dipilih. Proses ini dapat menentukan apakah kanker telah menyebar dari payudara ke bagian tubuh lain.

Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr. Sonar Sonny Panigoro Sp.B.Onk. kepada JawaPos.com baru-baru ini, memberi catatan agar kaum hawa memahami tingkat atau level stadium kanker payudara. Maka, kenali berbagai tipe stadium sel kanker dari nol hingga empat.

kanker payudara, bulan kanker payudara, stadium kanker payudara,
Bulan Kesadaran Kanker Payudara setiap Oktober, perempuan diminta untuk lebih berani melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). (EmpowHER)

Stadium Nol

Mulanya hanya tumbuh di satu kantong atau selaput atau membran di payudara. Artinya masih di dalam kantong. Jika sudah terdeteksi di masa ini, maka peluang sembuh bisa 100 persen.

Stadium I

Sel kanker sudah menembus kapsul utama. Ukurannya dua centimeter. Tingkat keberhasilan penyembuhan mencapai 90 persen.

Stadium II

Tingkat keberhasilan penyembuhan sebesar 70 persen. Tahap ini menunjukkan kanker payudara invasif yang memenuhi salah satu kondisi. Stadium 2 kanker payudara dibagi menjadi stadium 2A dan 2B.

Stadium III

Tingkat keberhasilan penyembuhan 50 persen. Kanker stadium 3 belum menyebar ke tempat yang jauh.

Stadium IV atau Lanjut
Tingkat penyembuhan sudah sulit dilakukan. Kanker payudara stadium 4 telah menyebar ke bagian tubuh yang jauh, seperti paru-paru, hati, tulang, atau otak.

“Jika ada pasien yang payudaranya terpaksa diangkat itu jika sudah stadium antara I hingga III,” tutup Sonar.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up