JawaPos Radar

Pakar: Cegah Kanker dengan 5 Kebiasaan Sederhana

21/10/2018, 13:00 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
cara cegah kanker,
Ilustrasi. Cegah kanker dengan lima kebiasaan sederhana. (Medical News Today)
Share this

JawaPos.com – Bulan Kesadaran Kanker Payudara setiap Oktober adalah momentum untuk mencegah penyakit kanker payudara. Mencegahnya, sebenarnya cukup dengan pola hidup sehat yang bisa dilakukan setiap hari.

Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Agung Waluyo, kepada JawaPos.com baru-baru ini, berbagi cara sehat bagi masyarakat agar terhindar dari kanker. Pria yang fokus di bidang Keperawatan Medikal Bedah ini mengungkapkan cara mencegah kanker dimulai dari hal paling sederhana.

1. Pilih Makan Siang Sehat

Memilih makanan sehat untuk makan siang, tak ada salahnya membawa bekal masakan sendiri. Pilihan ini jauh lebih sehat daripada membeli makanan di kantin. Batasi makanan bersantan dan berlemak.

2. Pakai Masker

Kebiasaan menggunakan transportasi online saat ini sedang menjadi tren. Penggunaan masker penting untuk menghindari polusi. Polusi dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker paru.

3. Tumis Lebih Baik

Memasak daging jauh lebih sehat ditumis (stir fry). Cara sehat lain dengan merebus daging dengan dibentuk bola daging seperti bakso.

4. Penggunaan Minyak Goreng

Minyak goreng harus sekali pakai atau sekali masak. Penggunaan minyak goreng berulang dapat memicu kanker.

Ibu rumah tangga wajib memperhatikan kesehatan keluarganya dengan menggunakan minyak goreng sekali pakai. Jangan sampai demi faktor ekonomis, tetapi mengorbankan kesehatan keluarga.

5. Makanan Rendah Lemak Tak Jenuh

Jika terpaksa membeli, pilih makanan yang tidak terlalu banyak dimasak. Misalnya masakan Padang yang mengandung banyak lemak tak jenuh tidak sehat disantap setiap hari.

Masakan Padang semakin sering direbus, diangetin, semakin gurih yang lezat itu justru mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Contohnya menu rendang begitu lezat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Rendang juga mampu bertahan hingga beberapa pekan berpotensi tumbuhnya bakteri.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up