alexametrics

Maknai Bulan Kesadaran Kanker Payudara Lewat Kumis dan Pita Pink

21 Oktober 2018, 14:05:32 WIB

JawaPos.com – Bulan Kesadaran Kanker Payudara setiap Oktober membuat dunia ikut tergerak. Sejumlah perusahaan maskapai penerbangan juga peduli untuk mengkampanyekan pencegahan kanker payudara. Buktinya, maskapai Qantas mengumumkan kemitraan yang baru terbentuk antara FlyPink. Kampanye tahunan Qantas untuk meningkatkan kesadaran atas kanker payudara, dengan Movember Foundation, sebuah badan amal multinasional untuk kesehatan pria.

Melalui kolaborasi tersebut, Qantas menggalang dana sebesar AUS$ 100 ribu untuk mendukung riset kanker payudara dan prostat. Selama kampanye, karyawan Qantas akan mengenakan atribut dalam bentuk pita pink, yaitu simbol khas kesadaran kanker payudara, yang dikombinasikan dengan simbol ikonik Movember yaitu kumis. Berlangsung dari 15 Oktober hingga 15 November, kampanye FlyPink tahun ini berlangsung bersamaan dengan bulan kesadaran kanker payudara, maupun bulan kesadaran kanker prostat yang diusung Movember.

“Sebuah kehormatan besar bagi saya untuk menyaksikan kombinasi ikon kumis kami dan pita pink untuk pertama kalinya, demi menggalang kesadaran dan dana bagi kanker payudara dan prostat,” papar Country Director Movember Foundation Rachel Carr dalam keterangan tertulis, baru-baru ini.

kanker payudara, bulan kanker payudara,
Kru maskapai Qantas terbang menggunakan pita pink dan kumis sebagai simbol lawan kanker payudara dan prostat. (Dok. Qantas)

Menurutnya kolaborasi FlyPink tahun ini mengingatkan kita semua tentang hal-hal besar yang dapat kita capai ketika kita bekerja bersama. “Oleh karena itu, kami amat berterima kasih atas kesempatan untuk mengangkat isu kesehatan pria maupun wanita dalam satu inisiatif yang sama ini,” ungkapnya.

Selain lewat kru Qantas yang akan mengenakan atribut pita pink dan ikon kumis, Qantas juga akan menyajikan kotak makanan bernuansa FlyPink untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan dari para penumpang. Nantinya, Qantas akan menyerahkan dana yang terkumpul dari kampanye ini kepada National Breast Cancer Foundation (NBCF) dan Movember Foundation dalam jumlah yang sama.

“Berawal dari sebuah ide sederhana, FlyPink kini telah berkembang menjadi sebuah kolaborasi yang melibatkan orang-orang dari berbagai penjuru Australia maupun dunia, dari beragam latar belakang dan kebangsaan,” ujar Kapten QantasLink Susan McHaffie, yang mendirikan kampanye ini pada tahun 2015.

Susan merintis FlyPink setelah salah satu kerabatnya terdiagnosis kanker payudara dan kemudian berhasil menjadi penyintas. Waktu itu, ia bertujuan menggalang dana sebesar AUS$ 20 ribu untuk mendukung riset kanker payudara. Sejak itu, Susah telah berhasil mengumpulkan sekitar AUS$ 500 ribu untuk NBCF dan berbagai badan amal afiliasinya.

Kini, Susan terus melanjutkan komitmen untuk menjalankan FlyPink di waktu luangnya, dengan merancang berbagai atribut FlyPink dan menjualnya ke kru penerbangan dari berbagai belahan dunia. Melalui gerakan tersebut, Susan telah berhasil mengajak pilot di 30 negara yang bekerja untuk 135 operator berbeda untuk berpartisipasi dalam kampanye tersebut.

“Kanker dapat menyentuh hidup siapapun, sehingga merupakan sebuah kehormatan besar ketika FlyPink dapat menyatukan berbagai perbedaan demi kebaikan,” tegasnya.

Penumpang dan karyawan Qantas dapat mendukung FlyPink dengan berdonasi melalui www.flypink.net, ataupun berbagi tentang gerakan ini di media sosial dengan menggunakan tagar #WeFlyPink.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (ika/JPC)



Close Ads
Maknai Bulan Kesadaran Kanker Payudara Lewat Kumis dan Pita Pink