src="https://cdn.geozo.com/mfel17291/ilv/0mp/30y8qh678vuq687/pky52d4.go">

Terungkap Alasan Utama Pasien Penyakit Jantung Pilih Berobat ke LN

21 September 2022, 20:35:31 WIB

JawaPos.com – Sejumlah pasien penyakit jantung dan kardiovaskular dari golongan ekonomi mampu tak sedikit yang memilih berobat ke luar negeri. Hal itu diakui oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono.

Saat kunjunhan bersama Direktur Utama RS Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita, Iwan Dakota ke Cleveland, Amerika Serikat, Indonesia dan AS mendiskusikan potensi kerja sama serta melihat langsung layanan dan fasilitas kesehatan yang ada di Cleveland Clinic. Layanan terlengkap itu meliputi ruang pre-operasi, ruang post-operasi, ruang perawatan intesif, ruang operasi, dan ruang tindakan invasif minimal.

‘’Dalam sesi khusus pertemuan dengan sejumlah perwakilan Cleveland Clinic, kami berkesempatan mendiskusikan potensi kerja sama yang bisa kami kembangkan untuk membantu memajukan pelayanan jantung di Indonesia,” kata Wamenkes Dante, dalam keterangan resmi Kemenkes, Rabu (21/9).

Ia mengakui, saat ini belum banyak rumah sakit yang mampu memberikan layanan kardiovaskular secara terpadu di Indonesia. Tentu ini menimbulkan persoalan.

“Karena pasien harus dirujuk ke rumah sakit pusat, akibatnya waktu tunggu pelayanan menjadi sangat lama,” ujarnya.  “Maka tak jarang banyak pasien yang memilih berobat ke luar negeri untuk mendapatkan layanan jantung,” tambahnya.

Melalui kerja sama ini, dia berharap dapat bermanfaat bagi pemerataan akses layanan jantung di Indonesia. Tujuannya memperkuat serta meratakan layanan kardiovaskular di Indonesia.  “Sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantre lama demi bisa berobat,” kata Wamenkes Dante.

Medical Direktorat International Bussines Development, Cleveland Clinic AS, Rosanne Kho,  menyebutkan ada beberapa potensi kolaborasi yang bisa dikembangkan antara Indonesia dengan Cleveland Clinic. Misalnya consulting agreement, CC Service Line dan CC Strategic Partnership seperti yang dilakukan di Tiongkok. Termasuk melakukan kerja sama pengembangan SDM Kesehatan yang meliput pelatihan dokter (observership, proctorship, seminar) dan konsultasi dokter-ke-dokter antara RSJPD Harapan Kita dan Cleveland Clinic. (*)

 

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini: