alexametrics

Vaksin 2 Dosis Tak Cukup Lindungi dari BA.4-BA.5, Booster Lebih Baik

21 Juni 2022, 07:08:24 WIB

JawaPos.com – Munculnya subvarian Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5 membuat para ahli bertanya seputar efektivitas vaksin. Untungnya, meski lebih cepat menular, varian ini tak terlalu meningkatkan angka perawatan rumah sakit dan kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini mengklasifikasikan dua subvarian ini sebagai varian yang menjadi perhatian. Para ahli di badan kesehatan top Jerman telah memperingatkan bahwa infeksi kemungkinan akan meningkat musim panas ini.

Robert Koch Institute (RKI) Jerman, organisasi kesehatan masyarakat nasional negara itu, melaporkan pada 9 Juni bahwa subvarian omicron BA.4 dan BA.5 tumbuh lebih cepat dibanding semua varian lainnya. Varian BA.5 sudah menyumbang 10 persen dari infeksi saat ini atau 2 kali lebih banyak dari minggu lalu.

Dimulai di Afrika Selatan

Varian BA.5 telah menimbulkan kekhawatiran di Afrika Selatan pada awal Mei, tetapi gelombang berikutnya relatif kecil dan saat ini mereda. Di Portugal, BA.5 sudah menyebabkan 80 persen dari semua infeksi baru. Varian ini lebih menular dari pendahulunya, seperti BA.2. Selain lebih sulit untuk menemukan antibodi penetralisir, BA.5 lebih mudah menular daripada subvarian omicron lainnya.

Bagaimana Efektivitas Booster?

Perlindungan yang diberikan oleh vaksin Covid-19 atau infeksi di masa lalu perlahan-lahan berkurang seiring waktu karena tingkat antibodi turun. Akan tetapi, kabar baiknya, bukan berarti tidak ada yang sepenuhnya terlindungi. Sebab data yang ada terbukti kedua subvarian ini menyumbang sedikit kematian dan rawat inap di rumah sakit.

Menurut para ahli, ini karena jutaan orang sudah divaksinasi atau memiliki antibodi. Maka, kekebalan umum populasi lebih tinggi daripada awal pandemi. Namun demikian, RKI merekomendasikan agar orang tua dan orang-orang dalam kelompok berisiko mendapatkan vaksin booster lagi untuk perlindungan ekstra. Pasalnya, kedua varian ini mempertajam kemampuannya untuk menghindari antibodi yang ditawarkan oleh vaksin.

Perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin dasar 2 dosis tidak cukup. Vaksin hanya 2 dosis, masih kurang manjur terhadap infeksi Omicron, tetapi masih melindungi terhadap kasus penyakit yang parah. Vaksin booster memastikan bahwa lebih banyak antibodi terbentuk, menawarkan lebih banyak perlindungan. Maka dari itu, segeralah mendapatkan booster.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads