alexametrics

Gangguan Pendengaran Ternyata Tak Bisa Disembuhkan, Ini Solusi Dokter

21 Juni 2022, 19:54:53 WIB

JawaPos.com – Seseorang yang mengalami kekurangan dalam hal pendengaran umumnya dibantu dengan alat bantu dengar untuk bisa memahami komunikasi dengan orang lain. Sehingga, seseorang dengan gangguan dengar perlu didukung secara penuh oleh semua pihak termasuk keluarga. Alat bantu dengar ternyata dapat menjadi solusi bagi mereka.

“Selain keluarga, untuk mendampingi pasien dapat dengan alat bantu dengar atau implan koklea hingga menjalani auditory verbal therapy,” kata Deputy Chief Executive Officer Kasoem Group Trista Mutia Kasoem kepada wartawan baru-baru ini.

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan-Bedah Kepala Leher (THT)-KL(K) Rosyida mengatakan gangguan pendengaran tak bisa disembuhkan. Akan tetapi gangguan kualitas hidup pasien tetap harus terjaga.

“Gangguan dengar tidak bisa disembuhkan. Tapi, mereka pun harus tahu meski tak bisa sembuh, orang gangguan dengar tetap bisa mendapatkan pendengaran seperti orang dengan pendengaran normal dengan bantuan alat bantu dengar (ABD),”

Salah satunya dengan implan koklea atau bone-anchored hearing aid (BAHA). Dan cara lainnya berupa auditory verbal therapy. Apa itu?

Auditory Verbal Therapy (AVT) adalah sistem metode pelatihan khusus yang dirancang bagi anak-anak dengan gangguan pendengaran untuk belajar menggunakan sisa pendengaran melalui cochlear implant sehingga dapat memahami suatu pembicaraan serta untuk belajar berkomunikasi secara verbal.

Contoh nyata keberhasilan anak dengan gangguan dengar adalah Ali Haydar Altway. Setelah pemasangan implan koklea dan menjalani auditory verbal therapy (AVT) secara rutin, ia bisa sekolah seperti anak-anak dengan pendengaran normal. Bahkan, ia menjadi Penyintas Tunarungu Pertama Penghafal Alquran yang mendapat Piagam Penghargaam dari Museum Rekor Dunia Indonesia pada 2 Juli 2020.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads