alexametrics

Catat 3 Tips Aman dan Higienis Saat Membeli Galon Air Guna Ulang

21 Mei 2020, 10:13:49 WIB

JawaPos.com – Sebagian rumah tangga saat ini umumnya menggunakan galon air guna ulang sebagai sumber air minum sehari-hari. Sudah yakinkah bahwa galon guna itu aman dan higienis untuk keluarga?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sendiri mendorong konsumen agar lebih bijak mencermati keamanan produk ketika berbelanja kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, pihaknya memiliki serangkaian regulasi terkait keamanan pangan yang harus dipatuhi dan menjadi acuan setiap produsen.

“Produk dengan kemasan apa pun, baik yang sekali pakai maupun yang guna ulang seperti kemasan galon, harus memenuhi semua syarat dalam regulasi terkait untuk memastikan keamanannya,” kata Direktur Standardisasi Pangan Olahan BPOM Sutanti Siti Namtini, dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

Pakar Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor Eko Hari Purnomo menjelaskan, teknologi pangan telah berinovasi sejak lama untuk membantu memastikan produk yang sampai di tangan konsumen aman dan bermutu. Bagi industri pangan, salah satu cara untuk menjamin mutu dan keamanan adalah dengan mematuhi peraturan dan standar dari lembaga seperti BPOM.

“Jiika kita mengambil air mineral dalam kemasan galon guna ulang sebagai contoh, inovasi kemasan bertujuan untuk setidaknya menjaga kualitas dan keamanan air dengan menghindari rekontaminasi dan mencegah migrasi bahan kimia dari kemasan selama distribusi dan penyimpanan. Ini merupakan keharusan untuk setiap pelaku industri sejak kemasan galon guna ulang diperkenalkan di pasaran di tahun 80-an,” jelas Eko.

Maka terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan oleh konsumen saat membeli produk tersebut.

1. Pilih Kondisi Baik

Setiap kali membeli produk, masyarakat perlu mencermati kondisi kemasan dan produknya. Pilihlah produk dengan kondisi yang baik.

2. Waktu Kedaluwarsa

Perhatikan waktu kedaluwarsa produk, dan periksa Nomor Izin Edar (NIE) yang diterbitkan BPOM pada label karena nomor ini menandakan pemenuhan persyaratan pangan terhadap keamanan, mutu, dan gizi.

3. Higienis

Mengikuti regulasi dari BPOM, pelaku usaha telah menjaga keamanan fasilitas produksi mereka dengan berbagai cara dan inovasi. Seluruh produk kemasan galon wajib melalui proses pencucian dan disinfeksi dengan standard quality control yang ketat sebelum diisi ulang.

“Proses isi ulang dilakukan di ruang dengan standard hygiene yang tinggi menggunakan tekanan positif dan filter udara khusus dan tanpa kontak langsung dengan manusia,” kata Food Safety Director Danone-AQUA Arsadi Hendranu.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads