alexametrics

Kadar Gula Darah Naik Turun Picu Komplikasi Pasien Diabetes

21 Maret 2021, 14:57:57 WIB

JawaPos.com – Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit yang rentan mengakibatkan komplikasi pada pasiennya. Karena itu cara mencegahnya adalah dengan mengatur pola hidup sehat agar gula darah stabil.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Putera Bahagia Cirebon, dr. Indraji Dwi Mulyawan, Sp.PD., MKes., FINASIM mengatakan, diabetes adalah penyakit dengan karakteristik hiperglikemia (peningkatan gula darah) yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Hal itu disebabkan oleh gagalnya organ pankreas memproduksi jumlah hormon insulin secara memadai dan berdampak pada peningkatan kadar glukosa dalam darah. Menurutnya, penyakit DM yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi akut dan menahun atau kronis.

“Komplikasi akut ini berbahaya. Karena sifatnya mendadak dan dapat membahayakan kehidupan manusia. Adapun komplikasi menahun, selain mengganggu kualitas hidup, penanganan diabetes mellitus ini memerlukan biaya yang relatif besar,” ungkap Indraji Dwi Mulyawan dalam webinar bersama Siloam Hospitals Putera Bahagia Cirebon dalam tema senam diabetes baru-baru ini.

Baca Juga: 1 dari 10 Pasien Covid-19 Tak Sadar Ternyata Sudah Idap Diabetes

Menurut dr. Indraji, agar penanganan pada pasien diabetes dilakukan secara berkelanjutan dan terarah. Terlebih di masa pandemi Covid-19, pengidap diabetes disertai penyakit jantung, berisiko dan sangat rentan terpapar virus Korona yang dapat merusak organ tubuh. Kadar gula darah yang stabil menjadi kunci utamanya.

“Kadar glukosa atau gula darah yang gampang naik atau turun meningkatkan risiko komplikasi dari Covid-19 bagi pasien diabetes pengidap penyakit jantung. Salah satu contoh peradangan kronis akan semakin lebih cepat,” tutur Indraji.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads