alexametrics

Di Samping Vaksinasi, Berikut 5 Cara Cegah Covid-19 Pada Anak saat PTM

21 Januari 2022, 12:16:30 WIB

JawaPos.com – Pemerintah memutuskan sejumlah sekolah tetap melaksanakan sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah naiknya kasus Covid-19 varian Omicron. Maka vaksinasi adalah jurus atau senjata paling penting melindungi kesehatan fisik anak. Mental anak juga harus dijaga.

Dalam diskusi SoKlin Antisep produksi Wings Care bertajuk ‘PTM di Tengah Kasus Omicron yang Beranjak Naik, Bagaimana Orang Tua Menyikapinya?’ Dokter Spesialis Anak dr. Lucia Nauli Simbolon, M.Sc, Sp.A, mendukung pelaksanaan PTM terbatas. Menurutnya tidak ada efek samping yang berbahaya untuk vaksinasi anak.

“Kondisi kesehatan anak dipengaruhi oleh multi-faktor ya, mulai dari asupan bergizi dan seimbang, minum yang cukup, prokes, serta vaksinasi berbagai penyakit,” kata dr. Lucia secara virtual, Kamis (20/1).

Disamping vaksinasi, menurutnya, pelaksanaan PTM dalam kelompok belajar kecil memudahkan proses contact tracing jika terdapat kasus positif. Sekolah harus membatasi interaksi yang tidak berarti. Jam masuk dan keluar diatur bertahap, sehingga tidak ada kerumuman.

“Selain itu, perhatikan secara lebih kondisi kesehatan anak yang memiliki penyakit komorbid, di mana obesitas sudah termasuk komorbid,” jelasnya.

Sesuai rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) selain penerapan protokol kesetahan yang baik dan tepat, pelaksanaan PTM terbatas dapat dilakukan dengan catatan bahwa semua guru dan petugas sekolah sudah divaksinasi dengan lengkap. Begitu pula dengan para peserta didik yang dapat hadir hanya jika sudah divaksin lengkap dan tanpa komorbid.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads