alexametrics

Selain Patuhi 3M, Bersedia Dites Covid-19 Adalah Pahlawan Kemanusiaan

20 November 2020, 10:00:44 WIB

JawaPos.com – Untuk menurunkan kasus Covid-19 paling efektif adalah dengan kesadaran masyarakat untuk wajib mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan pakai sabun. Tak cukup itu saja, pemerintah daerah juga berkomitmen melakukan 3T yakni testing, tracing, dan treatment.

Kasubbid Tracking Satgas Covid-19 dr. Kusmedi Priharto, mengatakan studi menunjukkan bahwa menggunakan masker akan menurunkan risiko angka tertular hanya 10-15 persen. Lalu ditambah menjaga jarak bahkan bisa membuat orang tak tertular hingga 100 persen.

“Dengan pakai masker lalu jaga jarak makin membuat orang tidak tertular Covid-19,” tegas dr. Kusmedi dalam talkshow di Graha BNPB baru-baru ini.

Dia juga mengharapkan adanya penegakan hukum atau law enforcement untuk terus mencegah penularan. Tak cukup hanya 3T, kata dia, masyarakat juga harus disiplin melakukan perubahan perilaku.

“Memang butuh perubahan perilaku, sebab jika pakai masker dan jaga jarak dilakukan berbarengan, itu akan mengurangi risiko 100 persen,” katanya.

Baca juga: Sosialisasi Wajib Dilakukan Pemerintah Terkait Penerapan 3M

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 dr. Sonny Harry Harmadi, menegaskan bukan hanya perubahan perilaku, akan tetapi masyarakat juga harus mendukung 3T. Sebab menurutnya masih ada masyarakat yang sulit untuk dilacak saat dites Covid-19.

“Masih ada orang enggak mau di tes, salah satunya katanya menyeramkan dok,” jelas dr. Sonny.

Lalu memang, kata dr. Sonny, kadang-kadang ada kekhawatiran masyarakat adanya stigma jika memang terbukti positif saat dites. Hal itu yang membuat angka tes tak maksimal.

“Ada yang bilang pelacakan kok rendah. Ya karena dari 35 orang mau dilacak kontak erat, tapi banyak yang tidak berani. Kita kan juga enggak bisa ya paksa-paksa orang,” tukasnya.

“Padahal bagi masyarakat yang mendukung testing, adalah pahlawan kemanusiaan yang bisa memutuskan rantai penularan. Sebab partisipasi memang penting sekali untuk menurunkan kasus Covid-19,” jelas dr. Sonny.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Kuswandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads