alexametrics

Tak Hanya 8 Gelas, Ini Aturan Minum Air Putih Berdasarkan Kondisi

20 Oktober 2018, 07:55:49 WIB

JawaPos.com – Meminum air putih bukan hanya menghilangkan dahaga ketika haus. Tapi juga bisa menghindari seseorang dari penyakit tak menular seperti gangguan ginjal. Cukup atau tidaknya asupan air dapat dikenali melalui tingkat pekatnya warna urin. Semakin pekat warna urin tersebut menandakan bahwa Anda masih mengalami kekurangan cairan.

Jadi benarkah harus minum air putih 8 gelas per harinya?

Sebenarnya, kebutuhan air putih untuk tubuh perlu disesua]ikan dengan tingkat usia. Seperti pada orang dewasa harus meminum 8 gelas per hari, anak-anak 6 gelas per hari, ibu hamil 8-9 gelas perhari, dan ibu menyusui 9-11 per hari.

“Secara alami jika usia diatas 40 tahun, setiap hari ada penurunan masa protein di tubuh, bersamaan juga kadar air ditubuh berkurang , maka upaya yang dilakukan adalah memperlambat proses penurunan dengan mengimbangi air sesuai dengan kebutuhan tubuh,” ujar  Dr. Rimbawan, Ahli Gizi IPB, ketika ditemui di acara Hydration Talk Danone Indonesia, di Kebon Sirih Jakarta Pusat, Kamis (18/10).

Ia pun mengungkapkan air  yang diminum sebaiknya mengandung pH 6,5 – 8,5. Lalu jika minuman kemasan harus tercantum ijin edar BPOM agar minuman tersebut dijamin layak untuk dikonsumsi.

Namun tak semua orang dapat mematuhi aturan minum air 8 gelas perhari. Tapi tak perlu khawatir, cairan tubuh tidak selamanya berasal dari air putih saja, tetapi bisa saja berasal dari buah-buahan yang mengandung air dan makanan berkuah.

Buah-buahan mengandung air itu seperti semangka, melon, timun, pir. Alasannya buah-buahan ini memiliki kadar air hingga 80 persen. Anda juga harus bisa memperkirakan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh dan perhatikan kadar gulanya, jangan sampai lebih dari 50 gram perhari.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : (Inr/JPC)

Copy Editor :

Tak Hanya 8 Gelas, Ini Aturan Minum Air Putih Berdasarkan Kondisi