alexametrics

Penelitian Ungkap Manfaat Cukup Minum Air pada Kadar Gula Darah

20 Mei 2020, 19:00:17 WIB

JawaPos.com – Diabetes tipe 2 memengaruhi fungsi insulin dalam tubuh. Semua orang membutuhkan insulin untuk memungkinkan glukosa dalam darah memasuki sel dan sebagai bahan bakar tubuh.

Ketika seseorang menderita diabetes tipe 2, insulin tidak dapat bekerja dengan baik dan kadar gula darah terus meningkat. Untuk tetap menstabilkan gula darah, ternyata ada dampaknya jika seseorang mengonsumsi cairan yang cukup di dalam tubuhnya.

Dilansir dari Express.co.uk, Rabu (20/5), minum air yang cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat. Selain mencegah dehidrasi, ada baiknya membersihkan ginjal dari kelebihan gula darah melalui urin.

Tapi ingat, terlalu banyak minum air juga tak baik. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air memiliki risiko lebih rendah terkena kadar gula darah tinggi.

Minum air secara teratur melembabkan kembali darah, menurunkan kadar gula darah dan membantu mengurangi risiko diabetes. Sementara jika kurang minum air juga tidak baik.

Dalam sebuah studi dengan Perpustakaan Nasional Obat-Obatanan Nasional Institut Kesehatan AS, asupan air yang rendah bisa berisiko hiperglikemia. Diabetes.co.uk mengatakan air tidak mengandung karbohidrat atau kalori.

Sehingga baik untuk pasien diabetes. Penelitian juga menunjukkan cukup minum air bisa membantu mengontrol kadar glukosa darah dan mencegah rambut rontok. Sebab kondisi tubuh orang dengan diabetes membutuhkan lebih banyak cairan ketika kadar glukosa darahnya sedang tinggi.

Kondisi gula darah yang tinggi dapat menyebabkan ginjal bekerja keras mengeluarkan kelebihan gula melalui urine. Air tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah. “Itulah sebabnya mengapa sangat bermanfaat untuk minum ketika penderita diabetes mengalami gula darah tinggi, karena memungkinkan lebih banyak glukosa untuk dikeluarkan dari darah,” kata laman tersebut.

Memiliki kadar glukosa darah yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi, yang merupakan risiko bagi penderita diabetes mellitus. Minum air akan membantu merehidrasi darah ketika tubuh mencoba menghilangkan kelebihan glukosa melalui urine. Maka konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, berapa baiknya takaran seorang pasien diabetes minum air per hari. Sebab tubuh dan kebutuhan setiap orang berbeda.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads