Orang Tak Divaksin Miliki Respons Imun Terbatas saat Terkena Omicron

20 April 2022, 04:45:30 WIB

JawaPos.com – Riset terbaru menunjukkan infeksi Omicron menimbulkan respons imun yang terbatas pada orang tak divaksin. Orang yang tidak divaksin dan terinfeksi varian Omicron tidak mungkin mengembangkan respons kekebalan yang akan melindungi mereka dari varian lain virus Korona.

Tidak seperti antibodi yang ditimbulkan oleh vaksin Covid-19 atau infeksi dengan varian SARS-CoV-2 sebelumnya, antibodi yang dilahirkan oleh varian Omicron BA.1 dan BA.2 tidak menetralkan versi virus lainnya. Para peneliti menemukan ketika mereka menganalisis sampel darah yang diperoleh setelah infeksi Omicron.

Orang dengan infeksi terobosan Omicron setelah tiga dosis vaksin mRNA yang dirancang untuk menetralkan versi virus sebelumnya, memiliki antibodi penetralisir tingkat tinggi terhadap dua varian Omicron. Meski efisiensinya lebih rendah daripada versi SARS-CoV-2 sebelumnya. Ini menurut ke laporan yang ditinjau sejawat periset di Nature Portfolio dan dan diunggah pada Research Square.

“Tapi, di antara mereka yang sistem kekebalannya belum siap untuk mengenali virus melalui vaksinasi atau infeksi alami, antibodi setelah infeksi Omicron sangat spesifik untuk varian Omicron masing-masing dan kami mendeteksi hampir tidak ada antibodi penawar yang menargetkan jenis virus non-Omicron,” kata Karin Stiasny dan Judity Aberle dari Medical University of Vienna, Austria.

Antibodi yang dilahirkan BA.2 tampaknya sangat tidak mungkin bertahan melawan varian lain, tambah mereka. Studi ini menekankan pentingnya vaksinasi booster untuk perlindungan kekebalan.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads