alexametrics

Lepas Masker saat di Outdoor, Ahli: Dengarkan Pesan Jokowi Secara Utuh

19 Mei 2022, 11:00:46 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo mengizinkan masyarakat untuk melepas masker saat berada di luar ruangan atau outdoor. Masyarakat diminta untuk tidak salah mengartikan atau menafsirkan bahwa izin tersebut bukan berarti sebebas-bebasnya tanpa masker. Pasalnya status pandemi Covid-19 masih berlangsung dan kasus juga masih ditemukan di masyarakat.

“Kebijakan Pak Presiden harus didengarkan secara utuh ya. Kalau memang dipotong seolah-olah sudah bebas masker,” tegas Ahli Spesialis Penyakit Dalam dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam kepada JawaPos.com, Kamis (18/5).

Prof Ari mengakui bahwa memang kondisi kasus Covid-19 saat ini memang lebih lambat pergerakannya. Begitu juga pasca Lebaran tak ada lonjakan yang signifikan. Akan tetapi perlu diingat, kata dia, di saat kita berada di luar ruangan atau di tengah kerumunan bersama orang lain yang belum jelas status vaksinnya tetap menimbulkan risiko penularan.

“Kasus pasca Lebaran tak terjadi peningkatan signifikan, positivity rate sudah rendah. Ada harapan di mana sebenarnya PPKM ini sudah bisa dilonggarkan. Akan tetapi diperbolehkannya buka masker di ruang terbuka bukan berarti bebas lepas masker sebebas-bebasnya,” ungkapnya.

Sejak awal, kata dia, Indonesia memang tak seperti negara Tiongkok atau Korea Utara yang selalu melakukan penguncian atau lockdown. Sehingga di Indonesia memang cenderung dapat terjadi kekebalan alami atas dampak kebijakan pembatasan atau PPKM.

“Akan tetapi kita berharap tak ada varian baru, Jika ada, kita bisa saja terpuruk lagi di periode awal 2020, 2021, dan saat Omicron,” katanya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads